Besi beton dan wiremesh adalah bahan konstruksi utama untuk kekuatan struktur bangunan. Dapatkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau, layanan pengiriman, dan konsultasi sesuai kebutuhan Anda. Hubungi admin kami sekarang untuk penawaran terbaik sesuai kebutuhan proyek Anda.
JS

Besi beton Polos Ukuran 10×12 Blitar

Terima kasih pada rekan-rekan Agen dan Distributor di seluruh Indonesia. Pada bulan , harga besi beton polos ukuran 10×12 di Blitar dan sekitarnya merujuk pada harga dasar Jayasteel adalah berkisar Rp  per kg atau Rp  per batang.

77: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

ma: Kebutuhan ukuran berapa

ma: Berapa banyak

ma: Untuk daerah mana

77: Ukuran 10×12

77: 300

77: Polos

77: Besi beton

ma: Untuk daerah mana

77: Blitar


Besi beton polos merupakan varian besi beton yang memiliki permukaan halus tanpa tonjolan atau ulir. Biasanya, besi beton polos digunakan dalam konstruksi bangunan yang memerlukan ikatan biasa antara besi dan beton, seperti pada lantai, dinding, dek, dan sebagainya. Ukuran khusus, seperti besi beton polos ukuran 10×12 mm, merujuk pada besi beton polos dengan diameter 10 mm dan panjang 12 meter. Produk ini tersedia di kota Blitar, dan daerah lain di Jawa Timur, seperti Malang, Tulungagung, dan Kediri, dengan harga yang bervariasi tergantung pada kualitas, dan jumlah pembelian.

Besi beton polos ukuran 10×12 mm memiliki beberapa keunggulan, seperti kemudahan pembentukan, harga yang terjangkau, dan bobot yang ringan. Meskipun demikian, besi beton polos ukuran 10×12 mm juga memiliki kelemahan, seperti kekurangan kekuatan jika dibanding besi beton ulir atau yang diameter lebih besar, rentan terhadap karat, dan bukan untuk bangunan tahan terhadap gempa. Sehingga, pemilihan jenis besi beton harus sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek konstruksi yang sedang dilakukan.


Besi beton polos berukuran 10×12 mm merupakan jenis besi beton dengan diameter 10 mm dan panjang 12 meter. Terbuat dari baja karbon berkualitas tinggi, besi beton polos ini menonjolkan kekuatan tarik yang tinggi, menjadikannya pilihan umum sebagai tulangan dalam konstruksi beton bertulang.

Besi beton polos ukuran 10×12 memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

- Kekuatan tarik yang tinggi,

- Kemudahan dalam proses pemasangan, dan

- Harga yang relatif terjangkau.

Produk ini tersedia di toko-toko besi atau distributor besi beton, dan harganya bervariasi tergantung pada kualitas dan mereknya. 

..

Ada besi scrap mau jual : Eks proyek

06: Salam..

Saya ingin info tentang *Pabrik baja menerima scrap / Besi Tua* Nama saya :

Alamat :

ma: Yw

06: Maaf pak lokasi Semarang bukan.sy ada besi scrap ini rencana sy mau jual di Semarang gitu

ma: Gresik

ma: Barang seperti apa

06: Owh Gresik

06: Eks proyek pak

ma: Barang dimana

ma: Kira-kira berapa banyak

06: Di Semarang .gk banyak pak paling 20 ton an

ma: Minta harga berapa? 



Tentang Penawaran Besi Scrap dari Eks Proyek atau Bongkaran Pabrik/Gudang

Kami ingin memberikan informasi penting bagi anda yang ingin menawarkan besi scrap yang berasal dari proyek eksisting, bongkaran pabrik, gudang, atau sumber lainnya.

Jayasteel senantiasa terbuka untuk menerima penawaran besi scrap dari berbagai sumber. Kami memahami pentingnya mendaur ulang material ini dan berkomitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan. Memanfatkan limbah untuk produk yang lebih bermanfaat.

Untuk mengajukan penawaran besi scrap atau besi bekas atau besi tua, Anda bisa menghubungi tim kami melalui kontak yang ada di halaman ini yang telah kami sediakan. Kami akan menghargai informasi rinci mengenai jenis besi scrap, kuantitasnya, serta informasi tambahan yang relevan, seperti lokasi dan kondisi besi scrap tersebut. Kami senang jika langsung disertai foto atau video dan harga yang anda tawarkan.

Tim kami akan mengevaluasi penawaran Anda dengan cermat dan memberikan tanggapan yang sesuai. Kami selalu berusaha untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam upaya mengelola besi scrap dengan cara yang berkelanjutan.

Kami juga siap menjawab pertanyaan atau memberikan klarifikasi lebih lanjut jika Anda memerlukannya. Terima kasih atas perhataian Anda untuk bekerja sama dengan Jayasteel dalam upaya mendaur ulang dan memanfaatkan sumber daya secara efisien. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Anda dalam segala hal terkait besi tua / scrap.

Wiremesh m10 murni

70: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis : wiremesh

Ukuran : m10 murni

Jumlah : 800

ma: Nanti dihubungi petugas kami ya

ma: Untuk daerah mana

70: kab sumbawa barat..


Wiremesh M10 murni adalah jenis wiremesh yang terbuat dari kawat baja murni dengan diameter 10 mm. Wiremesh ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi, sehingga sering digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kekuatan tinggi, seperti struktur bangunan, pengerjaan beton, dan pembuatan alat berat.


Penggunaan wiremesh M10 murni meliputi:

1. Struktur bangunan: Digunakan untuk membuat rangka atap, tangga, dan jembatan yang memerlukan kekuatan tinggi.

2. Pengerjaan beton: Memperkuat pengecoran kolom, balok, dan plat beton.

3. Pembuatan alat berat: Digunakan dalam pembuatan excavator, bulldozer, dan crane yang memerlukan kekuatan tinggi.

Spesifikasi wiremesh M10 murni meliputi diameter kawat 10 mm, kekuatan tarik 400 MPa, kekuatan leleh 500 MPa, dan lubang berukuran 150 x 150 mm. Pastikan wiremesh ini memiliki sertifikat SNI sebagai bukti standar kualitasnya. Perhatikan juga kualitas permukaannya yang harus halus dan bebas cacat, serta pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat membeli wiremesh M10 murni di toko-toko bangunan atau distributor wiremesh. Harganya per kilogram adalah Rp pada bulan . Namun, harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan distributor atau toko bangunan.




Rencana menawarkan besi bekas

"Jual Besi Bekas Sebagai Bahan Baku Peleburan"

Kami sedang mencari besi bekas berkualitas untuk bahan baku peleburan? Anda menyediakan besi bekas dengan kualitas terjamin yang siap menjadi pilihan utama. Dengan harga yang bersaing, besi bekas Anda dapat menjadi solusi yang efisien untuk kebutuhan peleburan. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan penawaran terbaik untuk keperluan peleburan."


05: Selamat siang mas afandiπŸ™

05: Salam kenal. Saya tahu no ini dari facebook.

05: Saya berencana menawarkan besi bekas.

05: Besi bekas tandon air

ma: Itu dimana

ma: Kira-kira berapa banyak  





Kami mencari besi bekas untuk bahan baku peleburan. Anda memiliki stok besi bekas berkualitas dengan harga terbaik. Anda siap mengirimkan besi bekas ke lokasi peleburan. Hubungi tim kami sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami.

Punya wiremesh 4 mm

06: Siang

06: ini betul berkah jaya steel lombok, ntb ya?

06: apa punya wiremesh 4,3mm?

ma: Kebutuhan berapa banyak?

Untuk daerah mana?

06: Daerah pringgabaya

06: Rencana kebutuhan 14 roll

06: 2,1*54mtr /roll

ma: Nanti dihubungi petugas kami ya

06: Baik

06: Ditunggu infony

06: gimana pak?



Wiremesh 4 mm adalah jenis wiremesh dengan kawat berdiameter 4 mm. Wiremesh ini terbuat dari baja galvanis yang dilapisi seng untuk mencegah korosi.


Keunggulan wiremesh 4 mm meliputi:

1. Kuat dan tahan lama: Terbuat dari baja galvanis, wiremesh 4 mm memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik.

2. Mudah dipasang: Wiremesh ini mudah dipasang dan dibongkar, memudahkan proses pemasangan.

3. Harga terjangkau: Wiremesh 4 mm memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lain yang memiliki fungsi serupa.


Penggunaan wiremesh 4 mm meliputi:

1. Struktur bangunan: Digunakan untuk membuat rangka atap, tangga, dan jembatan.

2. Pagar dan tiang: Cocok untuk pagar rumah, pabrik, dan tiang listrik.

3. Pemasangan keramik: Memperkuat pemasangan keramik.

4. Pembuatan kandang: Digunakan untuk membuat kandang hewan ternak atau peliharaan.


Spesifikasi wiremesh 4 mm mencakup diameter kawat 4 mm, kekuatan tarik 400 MPa, kekuatan leleh 500 MPa, dan lubang berukuran 150 x 150 mm. Pastikan wiremesh 4 mm memiliki sertifikat SNI sebagai bukti standar kualitasnya. Perhatikan juga kualitas permukaannya yang harus halus dan bebas cacat, serta pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Anda dapat membeli wiremesh 4 mm di toko-toko bangunan atau distributor wiremesh. Harganya per kilogram adalah Rp dan per lembar sekitar Rp pada bulan . Harap diingat, harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan distributor atau toko bangunan.



Menghitung Harga dengan Program Online : Optimalkan Pembelian Baja Tulangan

Menyediakan BESI BETON POLOS dan BESI BETON ULIR SNI. Cocok untuk persediaan dalam proses penyelesaian proyek Anda. Tersedia grosir untuk stok toko atau gudang Anda. Terima kasih untuk teman-teman agen dan disributor yang telah bekerja sama di seluruh Indonesia. Tersedia juga WIREMESH standar untuk konstruksi, dan informasi sehubungan UPDATE HARGA. Dapatkan penawaran harga terbaik dengan segera menghubungi admin via WA.


Baja tulangan sering digunakan dalam konstruksi bangunan karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi terhadap beban dan tekanan. Meskipun memiliki keunggulan tersebut, harga baja tulangan bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kualitasnya. Oleh karena itu, perhitungan harga baja tulangan menjadi penting sebelum melakukan pembelian.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung harga baja tulangan adalah dengan memanfaatkan program yang tersedia secara online. Program ini dapat membantu Anda menentukan jumlah, berat, dan total biaya baja tulangan yang dibutuhkan. Selain itu, program ini juga dapat menampilkan spesifikasi dan gambar baja tulangan yang ingin Anda pilih.

Anda dapat mengakses program ini melalui situs web https://www.jayasteel.com/p/menghitung-harga-besi-beton-program.html. Di situs tersebut, Anda akan menemui beberapa kolom yang perlu diisi dengan data yang sesuai, seperti:

- Jenis baja tulangan: Pilihan antara baja tulangan polos atau ulir.

- Diameter baja tulangan: Rentang pilihan diameter mulai dari 6 mm hingga 32 mm.

- Panjang baja tulangan: Memasukkan panjang baja tulangan dalam meter.

- Jumlah baja tulangan: Menentukan jumlah baja tulangan yang dibutuhkan dalam batang.

- Harga per kilogram baja tulangan: Memasukkan harga per kilogram sesuai dengan pasar atau toko tempat pembelian.

Setelah mengisi semua data, Anda dapat menekan tombol "Hitung" untuk melihat hasilnya. Program ini akan menampilkan jumlah, berat total, dan total biaya baja tulangan yang dibutuhkan. Informasi spesifikasi dan gambar baja tulangan juga dapat dilihat melalui program ini.

Pemanfaatan program ini sangat membantu untuk mempercepat dan memudahkan perhitungan harga baja tulangan. Hasilnya dapat dicetak atau disimpan sebagai file PDF untuk referensi di masa mendatang. Dengan menggunakan program ini, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan mengelola biaya pembelian baja tulangan dengan lebih efisien.

Hitung otomatasi harga besi beton, ikuti tombol di bawah :



Minta price list besi kebutuhan 8-22 mm u bangun gedung

Sedikit naik turun, harga BESI BETON SNI masih stabil. Sebelum harga naik, segera proses pengadaan untuk proyek Anda, dengan menghubungi petugas kami. Tersedia juga WIREMESH standar untuk konstruksi, dan informasi sehubungan UPDATE HARGA.


74: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

ma: Ukuran berapa?

Kebutuhan berapa banyak?

Daerah mana?

74: Daerah Tegal besi kebutuhan dari 8-22 mm untk bangun gedung 5lt

74: mint price list pa

74: πŸ‘†πŸ»πŸ™πŸ»

Klik link di bawah untuk HITUNG HARGA BESI BETON semua ukuran



Harga besi beton bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan distributor atau toko bangunan. Harga yang disebutkan belum termasuk pajak dan biaya pengiriman. Selain itu, harga bisa bervariasi berdasarkan kualitas besi beton.

Untuk menghemat biaya pembelian besi beton saat membangun gedung, Anda bisa:

1. Membandingkan harga dari beberapa distributor atau toko bangunan.

2. Membeli besi beton dalam jumlah besar untuk mendapatkan potongan harga.

3. Memperhatikan kualitas besi beton sebelum membeli.

Semoga tips ini membantu Anda menghemat biaya pembelian besi beton ulir SNI untuk proyek pembangunan gedung Anda.



Tanya harga besi sesuai list ukuran 16, 12, 10, 8, 6

Jayasteel dengan senang hati melayani pertanyaan harga besi berdasarkan ukuran yang diinginkan. Berikut adalah daftar harga besi per batang untuk ukuran yang umumnya dicari.

Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pemesanan. Kami siap memberikan layanan yang ramah, cepat, dan profesional untuk memenuhi kebutuhan besi Anda. Terima kasih telah memilih Jayasteel sebagai solusi untuk kebutuhan bahan bangunan Anda.


36: Selmat siang bp,mau tanya harga besi itu sdh sesuai list ukuran ya pak,kalau beli banyak apakah masih ada pot lgi mksihπŸ™

36: Dan mau tnya alamat nya ,barsngkali klu mau lihat2 langsung nuwun

36: Yang sekitaran solo bp

ma: Kebutuhan berapa banyak

ma: Ukuran berapa

36: 12 polos 60 btg ,10 ulir 200 btg

36: Ya

Tanya harga besi sesuai list ukuran 16, 12, 10, 8, 6


Hai Admin Jayasteel,

Aku lagi cari info nih tentang harga besi beton polos buat proyek renovasi rumahku. Ada beberapa ukuran yang lagi aku butuhin, nih:

- Besi beton polos 16 mm

- Besi beton polos 12 mm

- Besi beton polos 10 mm

- Besi beton polos 8 mm

- Besi beton polos 6 mm

Mau tahu dong, harganya per kilogram dan per batang (panjang 12 meter). Makasih sebelumnya ya!

Salam,

[name]


*Jawaban dari Admin Jayasteel:

Hai [name],

Tentu, berikut adalah harga besi beton polos dengan ukuran yang kamu cari:

- Ukuran 16 mm: Harganya Rp per kilogram atau Rp per batang (12 meter).

- Ukuran 12 mm: Harganya Rp per kilogram atau Rp per batang.

- Ukuran 10 mm: Harganya Rp per kilogram atau Rp per batang.

- Ukuran 8 mm: Harganya Rp per kilogram atau Rp per batang.

- Ukuran 6 mm: Harganya Rp per kilogram atau Rp per batang.

Tapi, ingat ya, harga besi beton polos bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi pasar. Ada lagi yang bisa aku bantu?

Terima kasih,

Admin Jayasteel


Harga besi 13 ulir Bekasi

Jayasteel Jual Besi 13 Ulir Berkualitas dengan Harga Terjangkau di Bekasi

Jayasteel adalah perusahaan yang fokus pada penjualan besi beton berkualitas dengan harga yang terjangkau. Salah satu produk andalan kami adalah besi beton 13 ulir yang sangat cocok untuk konstruksi bangunan. Keunggulan besi 13 ulir meliputi daya rekat yang tinggi dengan beton, kekuatan tarik yang besar, dan ketahanan terhadap korosi. Kami menyediakan besi beton 13 ulir dan berbagai ukuran lain dan panjang sesuai SNI untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pengiriman tersedia ke seluruh wilayah Bekasi dan sekitarnya dengan biaya yang kompetitif. Juga melayani seluruh wilayah Indonesia. Ada gudang dari Gresik, Mojokerto, dan Jakarta Timur.

Harga besi tulangan13 ulir di Bekasi yang kami tawarkan sangat bersaing di pasaran. Kami memberikan diskon khusus untuk pembelian dalam jumlah besar atau proyek tertentu. Berikut daftar harga besi 13 ulir Bekasi per batang yang berlaku saat ini:

| Ukuran | Panjang | Harga        |

| ------ | ------- | ------------ |

| 10 mm  | 12 m    | Rp. 66.600   |

| 13 mm  | 12 m    | Rp. 112.500   |

| 16 mm  | 12 m    | Rp. 170.500  |

| 19 mm  | 12 m    | Rp. 241.750  |

| 22 mm  | 12 m    | Rp. 324.100  |

Harga di atas dapat berubah tanpa pemberitahuan. Untuk info lebih lanjut mengenai harga besi 13 ulir di Bekasi, hubungi kami via telepon atau WA yang tertera di bawah. Layanan kami ramah, cepat, dan profesional. Jayasteel, solusi terpercaya untuk kebutuhan besi beton Anda.



Kasih penawaran Besi 13 Ulir, 10 Polos, 8, 6 : Depok, Jakarta

29: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis : Ukuran : Jumlah : ...

ma: Kebutuhan berapa banyak

ma: Ukuran berapa

ma: Untuk daerah mana

29: Matrial

1.ceker ayam 50x50 besi 10 = 12 

2.besi 13 ulir = 20 btang

3.besi 10        = 20 btang

4.besi 8          = 15 btang

5.cincin 10x25 besi 8 = 400 biji

6.cincin 8x12 besi 6   = 500 biji

7.cincin 10x20 besi 8 = 500 biji 

Daerah depok

29: Bisa kasih penawaran?

29: Ok




Besi ulir SNI semua bos

59: Pagi bos

ma: Selamat pagi

59: Lokasi pabrik dmn bos

ma: Mengenai apa?

59: Besi bos

ma: Gresik dan Mojokerto

ma: Kebutuhan ukuran berapa

ma: Berapa banyak

ma: Untuk daerah mana

59: Besi 6 : 347 btg

Besi 8 : 1.245 btg

Besi 10 : 2.352 btg

Besi 13 : 1.240 btg

Besi 16 : 359 btg

59: Besi ulir SNI smua bos,brp harga ny

ma: Nanti dihubungi petugas kami ya

ma: Untuk daerah mana

59: Jkt



Besi beton ulir SNI adalah jenis besi beton yang telah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) dan ditandai dengan ulir-ulir pada permukaannya. Ulir-ulir ini berfungsi untuk meningkatkan daya ikat antara besi beton dengan beton, membuatnya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan besi beton polos.

Besi beton ulir SNI memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Daya ikat yang lebih tinggi: Ulir-ulir pada besi beton ulir SNI meningkatkan daya ikatnya dengan beton, menjadikannya lebih kuat dan tahan lama.

2. Ketahanan korosi yang lebih baik: Ulir-ulir tersebut juga menghalangi air dan udara masuk ke dalam besi beton, meningkatkan ketahanan korosinya.

3. Kuat tarik lebih besar.

Besi beton ulir SNI digunakan untuk berbagai keperluan, seperti struktur bangunan, mesin dan peralatan, serta pagar dan tiang. Ukuran besi beton ulir SNI berkisar antara 6 mm hingga 32 mm, dengan kekuatan tarik berkisar antara 240 MPa hingga 600 MPa, dan kekuatan leleh antara 400 MPa hingga 550 MPa.

Penting untuk memastikan bahwa besi beton ulir SNI yang digunakan memiliki sertifikat SNI sebagai bukti bahwa produk tersebut memenuhi standar. Selain itu, perhatikan kualitasnya, termasuk permukaan yang mulus dan bebas cacat. Pastikan juga ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Besi beton ulir SNI dapat dibeli di toko-toko bangunan atau distributor besi beton. Pastikan untuk memeriksa sertifikat dan kualitasnya sebelum membeli.


Aplikasi Konstruksi Beton bertulang [TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON]

TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON 

Sifat dan Karakteristik Beton sebagai Material Bangunan 

Material Penyusun Beton Bertulang 

Konstruksi dan Detail Beton Bertulang  : Detail Beton Bertulang  



Aplikasi Konstruksi Beton bertulang

1. Desain Struktur Beton Bertulang

a) Tujuan Desain

Pada konstruksi beton bertulang, tujuan desainnya adalah:

- Menentukan sistem struktur yang bisa dikerjakan dan ekonomis. Ini termasuk pemilihan model struktur yang sesuai dan penataan elemen struktur seperti kolom dan balok.

- Menetapkan dimensi struktural, ukuran penampang komponen struktur, termasuk ketebalan selimut beton.

- Menentukan persyaratan kekuatan tulangan baik dalam arah longitudinal maupun transversal.

- Menyusun rincian tulangan beton, seperti panjang tulangan, kait, dan pembengkokannya.

- Memastikan memenuhi persyaratan kemampuan, seperti defleksi dan retakan.


b) Kriteria Desain

Untuk mencapai tujuan desain, ada empat kriteria umum yang harus dipenuhi:

- Keselamatan, kekuatan, dan stabilitas: Sistem dan elemen struktur harus didesain dengan memperhatikan batas angka keamanan agar menghindari kegagalan struktur.

- Estetika: Melibatkan pertimbangan terhadap bentuk, proporsi geometris, simetri, tekstur permukaan, dan artikulasi. Ini sangat penting terutama pada struktur khusus seperti monumen dan jembatan, di mana kolaborasi dengan arsitek dan perencana sangat diperlukan.

- Persyaratan fungsional: Suatu struktur harus dirancang untuk memenuhi fungsi-fungsi tertentu. Kemudahan konstruksi harus menjadi pertimbangan utama dari persyaratan fungsional, sehingga desain struktural praktis dan ekonomis untuk dibangun.

- Ekonomis: Struktur harus dirancang sesuai dengan anggaran proyek. Pada konstruksi beton bertulang, desain ekonomis bukan hanya mengurangi jumlah beton dan tulangan, tetapi juga mempertimbangkan biaya tenaga kerja, formwork, dan menghindari kesalahan kerja. Oleh karena itu, desain elemen yang tepat dan penyederhanaan penempatan kekuatan akan membuat konstruksi lebih mudah, cepat, ekonomis, dan menggunakan material minimum.


c) Proses Desain Beton Bertulang

Proses desain beton bertulang seringkali melibatkan uji coba dan kesalahan serta mempertimbangkan keputusan dari perancangnya. Setiap proyek struktur adalah unik, dan langkah-langkah berikut ini menggambarkan proses desain untuk struktur beton bertulang:

1. Konfigurasi Sistem Struktur: Menentukan bagaimana struktur beton bertulang akan dibangun.

2. Penentuan Data Desain: Termasuk desain pembebanan, kriteria desain, dan spesifikasi material.

3. Estimasi Awal Elemen: Membuat perkiraan awal untuk elemen-elemen struktur, dengan memperhatikan aturan kontrol defleksi serta persyaratan estetika dan fungsional.

4. Perhitungan Properti Penampang Elemen: Melakukan analisis struktural untuk memahami gaya-gaya internal seperti momen, gaya aksial, gaya geser, dan torsi. Juga, meninjau perhitungan defleksi.

5. Perhitungan Kekuatan Longitudinal dan Transversal: Menghitung persyaratan kekuatan berdasarkan momen dan gaya aksial, serta tuntutan geser dan momen torsi.

6. Modifikasi Desain Jika Diperlukan: Jika elemen tidak memenuhi kriteria desain, maka dilakukan modifikasi dan mengulangi langkah 1-3.

7. Evaluasi Lebih Detail: Melengkapi desain elemen dengan menambahkan beban-beban khusus, kombinasi-kombinasi, dan memastikan kekuatan serta memenuhi persyaratan kemampulayanan sesuai dengan peraturan, standar, dan spesifikasi.

8. Detail Penulangan: Menyusun detail penulangan, termasuk pengembangan gambar desain, catatan-catatan, dan spesifikasi yang diperlukan untuk pelaksanaan konstruksi.


Persyaratan kekuatan beton bertulang untuk perancangan struktur

Konstruksi Balok dan plat beton bertulang


Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

Besi Beton Polos Campur 6 8 10 12

901: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

901: Ada cabangnya di SULSEL?

ma: Kebutuhan ukuran berapa

ma: Berapa banyak

901: 4000

ma: Ukuran berapa

901: Campur 6 8 10 12

901: 30ton semua



Info Spesial! Besi Beton Polos Campur 6, 8, 10, 12 Hanya di Jayasteel!

Bicara soal besi beton, pasti yang ada di pikiranmu adalah bahan konstruksi yang kuat dan tahan lama, bukan? Nah, Jayasteel punya kabar gembira buat kamu yang lagi cari besi beton polos dengan ukuran campur 6, 8, 10, dan 12! Ini dia informasinya:

Apa itu Besi Beton Polos Campur 6, 8, 10, 12?

Besi beton polos campur ini adalah pilihan terbaik buat kamu yang butuh besi beton dengan berbagai ukuran dalam satu paket! Jadi, kamu nggak perlu bingung-bingung lagi nyari besi beton polos ukuran yang beda-beda. Ini tuh praktis banget buat proyek bangunanmu!

Kelebihan Besi Beton Polos Campur:

1. Hemat Biaya: Cuma perlu beli satu jenis besi beton buat segala keperluanmu, jadi lebih efisien dan hemat biaya, bro!

2. Praktis: Nggak usah repot mikirin beda-beda ukurannya. Satu paket, semua kebutuhan tercakup!

3. Efisien: Nggak perlu repot-repot motong-motong lagi. Langsung pakai aja!

Berapa Harganya?

Ini nih yang kamu tunggu-tunggu, harga besi beton polos campur 6, 8, 10, 12 di Jayasteel super terjangkau. Sebagai contoh, ini untuk harga yang diameter 8mm:

- Harga per kg: Cuma Rp aja, guys!

- Harga per batang (12 meter): Rp aja! Hemat banget, kan?

Tapi inget ya, harga bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar, jadi jangan sampe kelewatan!

Gimana Cara Pesannya?

Caranya gampang banget! Kamu tinggal hubungi Jayasteel di nomor yang tertera di halaman ini atau bisa juga pesan lewat form order yang ada di website mereka. Dan yang lebih keren lagi, Jayasteel punya layanan antar gratis buat wilayah Surabaya dan Jakarta. Jadi nggak perlu repot lagi, besi beton polos campur ini bisa langsung sampai ke lokasi proyekmu!


Tips Penting Sebelum Beli:

1. Beli di Tempat Terpercaya: Pastikan beli besi beton polos kamu dari toko bangunan atau distributor terpercaya. Jayasteel udah punya reputasi bagus, jadi nggak perlu ragu!

2. Perhatikan Kualitas: Sebelum bayar, pastikan kamu periksa kualitas besi beton polosnya. Pastikan nggak ada cacat atau kerusakan.

3. Bandigkan Harga: Cari tau harga besi beton polos dari beberapa toko, bandingin harganya, baru putusin yang paling oke buat kamu!

Jadi, buat yang lagi cari besi beton polos campur dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik, Jayasteel jawabannya! Langsung pesan sekarang juga, dan proyek bangunanmu pasti jadi lebih lancar! Sukses selalu! πŸ—️πŸ’ͺ





Terima penjualan besi tua tipe wire rope

60: selamat pagi ,

mau tanya ini benar jaya steel?

ma: Ya

ma: Ada yang bisa dibantu

60: mau tanya 

apa terima penjualan besi tua tipe wire rope ya?

60: saya lihat di internet menerima penjualan besi tua

ma: Barang ada di mana

ma: Bisa diberikan foto atau video



Terima penjualan besi tua tipe wire rope

Wiremesh M4 untuk dijual Lagi

62: Selamat siang

ma: Wiremesh M4 =80 lembar 

Ke Boyolali

62: Ya betul bapak Affandi

62: Untuk dijual LG pal

ma: Nanti dihubungi petugas kami ya

62: Iya saya tunggu segera pakπŸ™πŸ™πŸ˜Š



"Wiremesh M4: Pilihan Berkualitas untuk Penguatan Struktur Beton Anda"

Wiremesh M4 adalah jenis jaring besi yang terbuat dari kawat baja berdiameter 4mm. Ini menjadi pilihan populer untuk penguatan struktur beton, seperti plat, balok, dan kolom. Wiremesh M4 juga digunakan dalam aplikasi lain, seperti pagar dan dinding penahan.

Wiremesh M4 tersedia dalam lembaran dan gulungan. Biasanya, lembaran memiliki ukuran 2,1m x 1,5m, sementara gulungan panjangnya sekitar 54m. Wiremesh M4 juga tersedia dalam berbagai ukuran jaring, mulai dari 100mm x 100mm hingga 300mm x 300mm.

Ketika memilih Wiremesh M4, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

* Ukuran jaring: Ukuran jaring harus sesuai dengan aplikasinya. Sebagai contoh, ukuran jaring yang lebih halus diperlukan untuk plat beton daripada untuk kolom beton.

* Diameter kawat: Diameter kawat harus cukup kuat untuk menahan beban yang diharapkan.

* Kekuatan: Wiremesh M4 tersedia dalam berbagai kekuatan. Kekuatan jaring besi harus sesuai dengan aplikasinya.

* Tahan korosi: Jika wiremesh akan terpapar elemen-elemen luar, penting untuk memilih wiremesh yang tahan korosi.

Wiremesh M4 adalah bahan yang serbaguna dan tahan lama yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Penting untuk memilih Wiremesh M4 yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Wiremesh M4:

* Peningkatan kekuatan: Wiremesh M4 dapat signifikan meningkatkan kekuatan struktur beton.

* Peningkatan ketahanan retak: Wiremesh M4 dapat membantu mengurangi risiko retak pada struktur beton.

* Peningkatan daya tahan: Wiremesh M4 dapat membantu meningkatkan daya tahan struktur beton, terutama di lingkungan yang keras.

* Mudah dipasang: Wiremesh M4 relatif mudah dipasang, bahkan untuk mereka yang suka berkegiatan DIY (Do It Yourself).

Jika Anda mencari penguatan beton yang kuat, tahan lama, dan mudah dipasang, Wiremesh M4 adalah pilihan yang sangat baik.

Detail Beton bertulang (TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON)

TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON

Sifat dan Karakteristik Beton sebagai Material Bangunan

Material Penyusun Beton Bertulang

Konstruksi dan Detail Beton Bertulang

....
Detail Beton bertulang

Beton memiliki kemampuan yang baik untuk menahan tekanan, namun kurang mampu menahan tekanan tarik. Oleh karena itu, dalam konstruksi beton bertulang, baja tulangan digunakan sebagai bahan yang mampu menahan tekanan tarik.

Batang baja tulangan yang tertanam dengan baik dalam beton yang telah mengeras akan melekat kuat, sehingga memerlukan gaya yang signifikan untuk menariknya keluar. Keadaan ini dikenal sebagai adhesi atau lekatan, yang memungkinkan kedua bahan bekerja sama secara struktural. Selain itu, penutup beton yang padat dan tebal berfungsi sebagai pelindung untuk melawan korosi pada baja tulangan.


a) Penampang balok bertulang  

Gambar Detail penampang beton bertulang berikut menggambarkan penampang balok bertulang yang berbentuk empat persegi panjang dengan tinggi h dan lebar b. Bagian atas penampang merupakan area beton yang mengalami tekanan, sedangkan As adalah luas penampang baja tulangan. Selanjutnya, d adalah tinggi efektif penampang atau jarak dari serat terluar ke pusat tulangan tarik. Perbedaan antara tinggi total balok (h) dan tinggi efektif (d) terutama dipengaruhi oleh ketebalan penutup beton.

Pada gambar 7.8, letak tulangan utama (tulangan pokok) dan sengkang juga ditunjukkan. Diameter nominal tulangan dinyatakan sebagai ∅p untuk baja tulangan polos dan ∅D untuk baja tulangan deform.

Detail penampang beton bertulang

b) Penutup beton tulangan


Tinggi total penampang (h) dan tinggi efektif (d) adalah dimensi penting dalam menganalisis penampang, baik pada balok maupun plat (lihat gambar dibawah). Secara umum, hubungan antara h dan d adalah:

- Untuk plat: h = d + ½ ∅tul. Ut. + p
- Untuk balok: h = d + ½ ∅tul. Ut. + ∅sengk + p

Salah satu faktor yang memengaruhi perbedaan antara h dan d adalah penutup beton (p). Penutup beton merupakan bagian beton yang berfungsi melindungi baja tulangan.

Penutup beton yang sesuai dengan ketentuan memiliki beberapa fungsi, yaitu:
- Memastikan penanaman tulangan dan kelekatan dengan beton.
- Mencegah korosi pada tulangan.
- Meningkatkan perlindungan struktur terhadap kebakaran.

Kualitas penutup beton yang memenuhi ketentuan bergantung pada:
- Kepadatan dan kekedapan beton.
- Ketelitian pelaksanaan pekerjaan.
- Kondisi lingkungan sekitar elemen struktur tersebut.

Tebal minimum penutup beton, yang diukur dari tulangan terluar, diatur oleh standar SNI 03-2847-2002, seperti yang tercantum dalam tabel berikut.
efektif dan penutup beton

Tabel Tebal minimum penutup beton dari tulangan terluar (mm) 


c) Detail penulangan beton

Tulangan plat 

Detail penulangan beton, khususnya tulangan plat, perlu memperhatikan beberapa aspek agar dapat optimal. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu diperhatikan:

- Batasi ukuran diameter batang dengan berbagai variasi.
- Gunakan diameter batang sekecil mungkin, seperti 6, 8, 10, 12, 14, 16, dan 19 mm.
- Minimalkan penggunaan batang dengan memperhatikan jarak tulangan maksimal yang diizinkan.
- Gunakan jarak antar batang yang ideal, sebaiknya dalam kelipatan 25 mm.
- Pertimbangkan panjang batang yang umum digunakan untuk menghindari pemborosan potongan yang tidak terpakai.

Dalam aplikasi penulangan plat beton, sering menggunakan wiremesh untuk pengerjaan yang lebih praktis, cepat dan efisien.
Selain itu, pertahankan bentuk plat sesederhana mungkin untuk mencegah pekerjaan pembengkokan tulangan yang sulit. Prinsip detail penulangan plat dapat dilihat pada Gambar berikut.
Syarat-syarat untuk penulangan plat

Tulangan balok 

Untuk mendapatkan penulangan balok yang optimal, beberapa syarat perlu diperhatikan, di antaranya:

- Batasi ukuran diameter batang dengan berbagai variasi.
- Gunakan diameter batang yang umum seperti 6, 8, 10, 12, 14, 16, 19, 22, dan 32 mm.
- Minimalkan penggunaan batang dengan memperhatikan jarak tulangan maksimal sesuai ketentuan.
- Pertimbangkan panjang batang yang umum digunakan agar menghindari pemborosan potongan yang tidak terpakai.
- Gunakan batang yang cukup panjang untuk tulangan lurus, hindari menggunakan batang yang dibengkokkan terlalu panjang.
- Pastikan sengkang yang digunakan berasal dari satu mutu baja dan memiliki diameter yang sama.
- Jarak antara sepasang batang pada tulangan atas sebaiknya tidak kurang dari 50 mm untuk memudahkan pengecoran dan pemadatan, terutama jika terdapat tulangan dua lapis.

Prinsip detail penulangan balok dapat dilihat pada Gambar berikut.

Syarat penulangan balok yang harus dipenuhi


Kait standar

Pembengkokan tulangan harus mematuhi ketentuan berikut:

- Untuk bengkokan 180°, tambahkan perpanjangan sepanjang 4 diameter batang tulangan (db), namun tidak kurang dari 60 mm, pada ujung bebas kait.
- Bengkokan 90° ditambah perpanjangan sepanjang 12 db pada ujung bebas kait.
- Untuk sengkang dan kait pengikat:
  - Batang D-16 dan yang lebih kecil, lakukan bengkokan 90° ditambah perpanjangan sepanjang 6 db pada ujung bebas kait, atau
  - Batang D-19, D-22, dan D-25, lakukan bengkokan 90° ditambah perpanjangan sepanjang 12 db pada ujung bebas kait, atau
  - Batang D-25 dan yang lebih kecil, lakukan bengkokan 135° ditambah perpanjangan sepanjang 6 db pada ujung bebas kait.

Diameter bengkokan minimum

Diameter bengkokan minimum memiliki beberapa ketentuan, yaitu:

- Untuk diameter bengkokan yang diukur pada bagian dalam batang tulangan, tidak boleh kurang dari nilai yang tertera dalam Tabel dibawah. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk sengkang dan sengkang ikat dengan ukuran D-10 hingga D-16.
- Diameter dalam dari bengkokan untuk sengkang dan sengkang ikat tidak boleh kurang dari 4 diameter batang (db) untuk batang D-16 dan yang lebih kecil. Untuk batang yang lebih besar dari D-16, diameter bengkokan harus mengikuti nilai yang terdapat dalam Tabel berikut.
- Diameter dalam untuk bengkokan jaring kawat baja las (polos atau ulir) yang digunakan untuk sengkang dan sengkang ikat tidak boleh kurang dari 4db untuk kawat ulir yang lebih besar dari D7 dan 2db untuk kawat lainnya. Bengkokan dengan diameter dalam kurang dari 8db tidak boleh berada kurang dari 4db dari persilangan las yang terdekat.


Cara pembengkokan

Proses Pembengkokan:

- Semua tulangan harus dibengkokkan saat dalam keadaan dingin, kecuali ada izin khusus dari pengawas lapangan.
- Tulangan yang sebagian sudah terpasang di dalam beton tidak boleh dibengkokkan di lapangan, kecuali sesuai dengan yang dijelaskan dalam gambar rencana atau diizinkan oleh pengawas lapangan.
Tabel Diameter bengkokan minimum

Penempatan tulangan

- Tulangan harus ditempatkan dengan presisi dan ditopang dengan memadai sebelum pencoranan beton, serta harus dijaga agar tidak mengalami pergeseran melebihi batasan toleransi yang diperbolehkan.
- Toleransi untuk tinggi efektif (d) dan selimut beton minimum pada komponen struktur lentur, dinding, dan komponen struktur tekan harus mematuhi ketentuan yang tercantum dalam tabel berikut.
- Toleransi letak secara longitudinal dari tikungan dan ujung akhir tulangan harus sebesar ± 50 mm, kecuali pada ujung yang tidak berlanjut dari komponen struktur, di mana toleransinya harus sebesar ± 13 mm.
 
Tabel Toleransi untuk tulangan dan selimut beton

Batasan spasi tulangan

- Jarak bersih antara tulangan sejajar dalam satu lapis tidak boleh kurang dari diameter tulangan (db) atau 25 mm.
- Jika tulangan sejajar ditempatkan dalam dua lapis atau lebih, tulangan pada lapisan atas harus tepat di atas tulangan di bawahnya, dengan jarak bersih antar lapisan tidak kurang dari 25 mm.
- Pada komponen struktur tekan yang menggunakan tulangan spiral atau sengkang pengikat, jarak bersih antar tulangan longitudinal tidak boleh kurang dari 1,5db atau 40 mm.
- Pembatasan jarak bersih antar batang tulangan ini juga berlaku untuk jarak bersih antar sambungan lewatan dengan sambungan lewatan lainnya atau dengan batang tulangan yang berdekatan.
- Pada dinding dan plat lantai yang bukan konstruksi plat rusuk, tulangan lentur utama harus berjarak tidak lebih dari tiga kali tebal dinding atau plat lantai, atau 500 mm.

Bundel tulangan:

- Bundel tulangan merupakan kelompok tulangan sejajar yang diikat bersama dalam satu bundel agar dapat bekerja sebagai satu kesatuan, dan jumlah tulangan dalam satu bundel tidak boleh lebih dari empat.
- Bundel tulangan harus dilingkupi oleh sengkang atau sengkang pengikat.
- Pada balok, tulangan dengan diameter lebih besar dari D-36 tidak boleh dibundel.
- Setiap batang tulangan dalam satu bundel yang berakhir dalam bentang komponen struktur lentur harus diakhiri pada titik yang berbeda, dengan jarak paling sedikit 40 db secara berselang.
- Jika pembatasan jarak dan selimut beton minimum berdasarkan diameter tulangan db, maka satu unit bundel tulangan harus dihitung sebagai satu tulangan tunggal dengan diameter yang diperoleh dari luas ekuivalen penampang gabungan.

Penyaluran tulangan  

Beton bertulang dapat berfungsi optimal sebagai bahan komposit jika baja tulangan bekerja sama secara penuh dengan beton. Untuk mencapai hal itu, penting agar terjadi penyaluran gaya dari baja ke beton. Agar batang tulangan dapat menyalurkan gaya dengan efektif melalui ikatan, baja harus tertanam dalam beton hingga kedalaman tertentu, yang disebut sebagai panjang penyaluran.

Gaya tarik dan tekan pada tulangan di setiap penampang komponen struktur beton bertulang harus dialirkan pada setiap sisi penampang tersebut melalui panjang pengangkuran, kait, atau alat mekanis, atau kombinasi dari cara-cara tersebut. Penggunaan kait sebaiknya dihindari untuk menyalurkan tulangan yang berada dalam kondisi tekan.

- Panjang penyaluran (l_d), yang diukur dalam diameter (d_b) untuk batang ulir dan kawat ulir dalam kondisi tarik, harus ditentukan sesuai dengan SNI 03-2847-2002 bagian 14.2(2) atau 14.2(3), namun tidak boleh kurang dari 300 mm.
- Panjang penyaluran (l_d), dalam mm, untuk batang ulir yang berada dalam kondisi tekan harus dihitung dengan mengalikan panjang penyaluran dasar (l_{db}) pada SNI 03-2847-2002 bagian 14.3(2) dengan faktor modifikasi yang berlaku sesuai dengan SNI 03-2847-2002 bagian 14.3(3), namun tidak boleh kurang dari 200 mm.
- Panjang penyaluran (l_{dh}), dalam mm, untuk batang ulir dalam kondisi tarik yang berakhir pada kait standar harus dihitung dengan mengalikan panjang penyaluran dasar (l_{hb}) pada SNI 03-2847-2002 bagian 14.5(2) dengan faktor atau faktor-faktor modifikasi yang berlaku sesuai dengan SNI 03-2847-2002 bagian 14.5(3), namun tidak boleh kurang dari (8d_b) atau 150 mm (Gambar dibawah).

Kait pada batang tulangan dapat berupa kait penuh, miring, atau lurus. Untuk baja polos, kaitan harus dibengkok agar garis tengah kait paling sedikit 2,5 Ο† (Gambar dibawah). Garis tengah kait dari batang deformasi minimal harus 5 Ο†. Ujung lurus untuk kait penuh paling sedikit harus 4 Ο† dan untuk kait lurus dan miring 5 Ο†.
Detail kaitan untuk penyaluran kait standar

Kait-kait pada batang-batang penulangan

Gambar Kait-kait pada sengkang 

Pengaitan pada sengkang

Sengkang-sengkang pada balok dan kolom perlu memiliki kait miring (Gambar a diatas) atau kait lurus (Gambar b diatas). Penggunaan sengkang sesuai dengan Gambar c diatas juga boleh, tetapi pada kolom harus dipasang secara berselang-seling. Pada balok-T, bentuk sengkang seperti yang terlihat pada Gambar d diatas juga dapat digunakan.

Pembengkokan pada batang-batang

Pembengkokan adalah perubahan arah yang diperlukan pada batang. Pembengkokan pada batang-batang tulangan utama harus memiliki garis tengah dalam paling sedikit 10 ∅ (Gambar berikut).
Pembengkokan tulangan





Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON

TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN DENGAN KONSTRUKSI BETON

Beton adalah campuran bahan dari batu-batuan kecil dan semen sebagai perekatnya. Kita bisa menganggap beton seperti pasangan bata tiruan karena sifatnya hampir sama dengan batu dan bata, seperti berat yang tinggi, kekuatan tekan sedang, dan kekuatan tarik yang rendah. Pembuatan beton melibatkan pencampuran semen kering dan batu-batuan dalam proporsi yang tepat, kemudian ditambahkan air. Hal ini membuat semen mengalami hidrolisis, dan seluruh campuran mengeras membentuk bahan yang mirip dengan batu.

Keuntungan beton dibandingkan batu adalah, pertama, beton bisa berbentuk setengah cair selama proses konstruksi. Ini memungkinkan bahan lain dicampurkan dengan mudah, meningkatkan sifat beton. Baja, terutama baja tulangan tipis, memberikan kekuatan tarik dan kekuatan lentur pada beton bertulang. Kedua, beton yang cair bisa dicetak dalam berbagai bentuk, dan ketiga, proses pencetakan menciptakan sambungan yang efektif antar elemen, meningkatkan efisiensi struktur.

Beton bertulang memiliki kekuatan tidak hanya pada tarik tetapi juga tekan, sehingga cocok untuk berbagai elemen struktur, termasuk yang menanggung beban lentur. Beton bertulang juga kuat dan bisa digunakan dalam berbagai struktur seperti rangka kerja yang membutuhkan kekuatan dan elemen yang ramping. Selain itu, beton bertulang cocok untuk struktur dengan bentang panjang, ketinggian, dan bangunan bertingkat banyak.

Struktur beton bertulang


Sifat dan Karakteristik Beton sebagai Material Struktur Bangunan 

Kuat Tekan Beton + Kemudahan Pengerjaan + Rangkak dan Susut + Standar Nasional Indonesia

Material Penyusun Beton bertulang

Semen + Agregat + Air + Bahan kimia tambahan + Tulangan

Konstruksi dan Detail Beton Bertulang


Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan


Perbedaan Besi Beton dan Wiremesh dalam Konstruksi

Besi Beton dan Wiremesh dalam Konstruksi: Perbedaan yang Perlu Diketahui 

Besi beton dan wiremesh merupakan dua bahan konstruksi yang umum digunakan untuk memperkuat beton, tetapi keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipahami. Keduanya digunakan sebagai tulangan utama dalam konstruksi beton bertulang. Dimana perbedaannya?


Besi Beton: Penguatan dari Dalam (Penjelasan lebih lanjut tentang besi beton)

Besi beton adalah batang baja yang biasa digunakan dalam struktur dengan beton, digunakan untuk memperkuat beton dari dalam. Ada berbagai bentuk dan ukuran besi beton, termasuk tulangan polos, tulangan ulir, dan besi tarik. 

Besi beton terbuat dari baja, suatu bahan yang kuat dan tahan lama. Dari bahan Billet kemudian diroll dalam proses rolling mill untuk mendapatkan ukuran diameter yang dinginkan. Proses selanjutnya adalah dipotong 12 meter, ditekuk menjadi dua, dan dibendel. Ketersediaan bentuk batang memudahkan proses pemasangan. Dengan berbagai ukuran, besi beton dapat disesuaikan dengan kebutuhan struktur, dan kekuatannya membuatnya ideal untuk proyek-proyek yang memerlukan daya tahan tinggi, seperti pembangunan jembatan dan gedung tinggi.



Wiremesh: Penguatan struktur plat beton (Penjelasan lebih lanjut tentang wiremesh:)

Wiremesh adalah lembaran kawat yang dijalin atau dilas membentuk pola berulang, kotak-kotak ukuran 15 cm x 15 cm, digunakan untuk memperkuat struktur beton bertulang juga, yang biasanya dalam bentuk plat atau area yang lebar atau luas. Wiremesh memiliki variasi ukuran dan bentuk, termasuk polos dan ulir. Untuk standar struktur, rata-rata menggunakan bentuk ulir khusus. 

Wiremesh terbuat dari kawat, baja dengan kuat tarik yang tinggi. Bentuk lembaran wiremesh membuatnya lebih fleksibel untuk digunakan. Wiremesh umumnya digunakan untuk proyek-proyek yang memerlukan kekuatan tinggi, seperti penguatan lantai dan dinding. Wiremesh dibuat dengan lebar 2,1 meter, dan panjang 5,4 meter untuk bentuk lembarang, dan panjang 54 meter untuk bentuk roll.



Perbandingan Besi Beton dan Wiremesh: 

1.  Bahan:  Besi beton terbuat dari baja, bentuk billet yang proses di mesin rolling mill, sementara wiremesh terbuat dari kawat baja drawing, atau wirerod yang diluruskan, dipotong, dan di las menggunakan mesin khusus. Kekuatan dan daya tahan baja membuat besi beton dan wiremesh memiliki kekuatan yang besar. Hanya wiremesh umumnya mendapat perlakuan lebih lanjut dalam proses pengerasan, sehingga kawat untuk wiremesh memiliki kuat tarik lebih tinggi. Keduanya dapat disesuaikan untuk memenuhi permintaan pasar.

2.  Bentuk:  Besi beton berbentuk batang, lebih mudah dipasang dibandingkan bentuk lembaran wiremesh. Bentuk lembaran wiremesh menjadikan lebih mudah dipasang dan lebih cepat, lebih praktis dan lebih rapi untuk keperluan konstruksi beton bertulang dalam bentuk lembaran.

3.  Ukuran:  Besi beton memiliki variasi ukuran yang lebih besar dibandingkan wiremesh untuk ukuran paling besar. Ukuran kecil, wiremesh memiliki variasi lebih banyak.

4.  Aplikasi:  Besi beton cocok untuk proyek yang memerlukan kekuatan tinggi dalam bentuk struktur batang dalam konstruksi beton bertulang, sementara wiremesh lebih umum digunakan untuk proyek dengan persyaratan kekuatan yang lebih tinggi juga namun khusus untuk bentuk lembaran atau plat, misalnya lantai bangunan, jalan, jembatan, dll.

5.  Kekuatan:  Besi beton memiliki kekuatan yang tinggi karena terbuat dari baja yang melalui proses forging dalam rolling mill. Dan wiremesh memiliki kuat tarik yang lebih tinggi lagi karena setelah rolling mill untuk membentuk wirerod sebagai bahan bahan baku wiremesh, juga melalui proses drawing lagi, dan forging untuk membentuk ulirnya, sehingga menjadikan lebih keras dan kuat tariknya lebih tinggi.

6.  Harga:  Wiremesh lebih mahal per kg-nya dibanding besi beton, karena wiremesh melalui proses yang lebih panjang. Sebagai acuan, harga dari Jayasteel untuk wiremesh bulan ini, adalah per kg, dan harga update besi beton bulan adalah Rp per kg.


Pemilihan Bahan Berdasarkan Kebutuhan Proyek: 

Pemilihan antara besi beton dan wiremesh harus didasarkan pada kebutuhan spesifik proyek konstruksi. Jika kekuatan tinggi diperlukan untuk bentuk struktur batang, misalnya kolom, balok, sloof, maka besi beton menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika kekuatan yang besar dibutuhkan dalam konstruksi beton bertulang, dalam bentuk struktur lembaran atau plat, misalnya untuk plat lantai, jalan dll, maka wiremesh dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan praktis.

================ - ================

Apa Manfaat Penggunaan Wiremesh dalam Konstruksi?

Wiremesh dalam Konstruksi 

Wiremesh adalah bahan penting dalam konstruksi, terbuat dari kawat logam/baja yang dijalin atau dilas membentuk pola berulang. Bahan ini digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti memperkuat beton, aspal, dan bahan lainnya.

 Manfaat penggunaan wiremesh dalam konstruksi: 

*  Meningkatkan kekuatan dan ketahanan beton:  Wiremesh membantu mencegah retak dan pecah pada beton. Ini karena wiremesh memberikan struktur dan dukungan, memungkinkan beton menahan beban lebih baik.

*  Membantu beton menahan beban:  Wiremesh membantu beton menyebar beban secara merata, memungkinkan beton menahan beban dari bangunan dan struktur lainnya.

*  Mempermudah pekerjaan pengecoran:  Wiremesh memudahkan pengecoran beton dengan memberikan bentuk dan struktur. Ini membuat pengecoran menjadi lebih mudah dan cepat.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan wiremesh dalam konstruksi:

*  Lantai beton:  Wiremesh digunakan untuk memperkuat lantai beton di berbagai tempat, seperti rumah, pabrik, dan parkiran.

*  Dinding beton:  Wiremesh digunakan untuk memperkuat dinding beton pada bangunan, dinding penahan, dan sejenisnya.

*  Atap beton:  Wiremesh digunakan untuk memperkuat atap beton pada rumah, pabrik, dan garasi.

*  Jembatan:  Wiremesh digunakan untuk memperkuat struktur jembatan, baik yang terbuat dari beton, baja, maupun kayu.

Wiremesh adalah bahan yang kuat dan tahan lama, membantu menciptakan struktur konstruksi yang lebih aman dan awet.



Wiremesh dalam Konstruksi: Solusi Kuat dan Tahan Lama 

Wiremesh, sehelai anyaman terbuat dari kawat logam yang dijalin atau dilas membentuk pola berulang, merupakan bahan konstruksi yang mendominasi berbagai aplikasi, terutama dalam memperkuat beton, aspal, dan material konstruksi lainnya.

Manfaat Wiremesh dalam Konstruksi: 

1.  Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan Beton:  Dengan memberikan struktur tambahan, wiremesh mencegah retakan dan kerusakan pada beton. Hal ini membantu beton untuk menahan beban yang lebih besar, memperpanjang masa pakai konstruksi.

2.  Membantu Beton Menahan Beban:  Wiremesh secara merata menyebarkan beban di seluruh area beton, mengurangi risiko deformasi dan memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap tekanan eksternal.

3.  Mempermudah Pekerjaan Pengecoran:  Dengan memberikan bentuk dan struktur yang konsisten, wiremesh membuat proses pengecoran beton menjadi lebih mudah dan efisien, menghemat waktu dan biaya konstruksi.

Penggunaan Wiremesh dalam Konstruksi: 

-  Lantai Beton:  Wiremesh digunakan secara luas untuk memperkuat lantai beton, dari lantai rumah hingga lantai pabrik, menjadikannya lebih tahan terhadap beban dan usia panjang.

-  Dinding Beton:  Dalam aplikasi dinding bangunan, dinding penahan, atau dinding penahan tanah, wiremesh memberikan dukungan yang kritis untuk mencegah keretakan dan meningkatkan kestabilan struktur.

-  Atap Beton:  Penguatan atap beton dengan wiremesh meningkatkan kekuatan dan daya tahan atap, menghadirkan solusi yang handal untuk melindungi ruangan di bawahnya.

-  Jembatan:  Dalam konstruksi jembatan, baik yang terbuat dari beton, baja, atau kayu, kehadiran wiremesh memberikan kekuatan tambahan yang sangat diperlukan untuk menanggung beban yang berat.

Wiremesh bukan hanya memberikan manfaat teknis, tetapi juga memberikan keunggulan ekonomis. Dengan biaya yang relatif terjangkau, wiremesh menjadi pilihan yang bijak untuk meningkatkan daya tahan dan keandalan konstruksi.

Dengan daya dukungnya yang kuat dan kemampuannya untuk meningkatkan performa beton, wiremesh tidak hanya menjadi solusi teknis yang inovatif, tetapi juga mitra yang andal dalam membangun struktur yang kuat dan tahan lama.

Baja sebagai Elemen Komposit

Penggunaan Konstruksi Baja : Dasar Perencanaan Struktur Baja 

Batang Tarik | Batang Tekan | Batang Lentur | Kombinasi Lentur dan Gaya Aksial Gelagar Plat

Baja sebagai Komponen Komposit

Pada awalnya, kerangka baja yang mendukung konstruksi plat beton bertulang yang dicor di tempat direncanakan dengan asumsi bahwa plat beton dan baja bekerja secara terpisah dalam menahan beban, tanpa memperhitungkan pengaruh komposit dari baja dan beton yang bekerja bersama.

Pengabaian ini dilandaskan pada keyakinan bahwa lekatan antara lantai atau plat beton dan bagian atas balok baja tidak dapat diandalkan. Namun, dengan kemajuan teknik pengelasan, penggunaan alat penyambung geser mekanis menjadi praktis untuk menahan gaya geser horisontal yang muncul saat batang terlentur. Dengan adanya alat penyambung geser, rumus lentur konvensional (f = Mc/I) tidak dapat diterapkan karena tegangan dalam plat lebar yang bertumpu pada balok baja tidak merata sepanjang lebar plat.

Sebagaimana pada penampang T yang sepenuhnya terbuat dari beton bertulang, plat yang lebar diubah menjadi plat dengan lebar setara agar rumus lentur dapat diaplikasikan untuk mendapatkan kapasitas momen yang akurat. Faktor krusial dalam aksi komposit adalah menjaga agar lekatan antara beton dan baja tetap ada. Seiring dengan penempatan plat beton di atas balok baja penyangga, peneliti mulai mempelajari perilaku alat penyambung geser mekanis. Alat penyambung geser menciptakan interaksi yang diperlukan untuk aksi komposit antara balok baja profil I dan plat beton, yang sebelumnya hanya dicapai melalui lekatan pada balok yang sepenuhnya terbenam dalam beton.

Struktur baja komposit

Berbagai macam struktur komposit


Aksi Komposit

Aksi komposit terjadi ketika dua batang struktural yang memikul beban, seperti konstruksi lantai beton dan balok baja penyangga, disambung secara integral dan melendut sebagai satu kesatuan. Contoh penampang lintang komposit umumnya diperlihatkan pada Gambar. Besarnya aksi komposit yang timbul bergantung pada pengaturan yang dibuat untuk memastikan regangan linear tunggal dari atas plat beton sampai muka bawah penampang baja.

Untuk memahami konsep perilaku komposit, pertama-tama perhatikan balok yang tidak bersifat komposit dalam Gambar 6.56(a). Pada kondisi ini, jika gesekan antara plat dan balok diabaikan, balok dan plat masing-masing membawa sebagian beban secara terpisah. Ketika plat mengalami deformasi akibat beban vertikal, permukaan bawahnya akan tertarik dan memanjang; sementara itu, permukaan atas balok tertekan dan memendek. Oleh karena itu, diskontinuitas akan terjadi pada bidang kontak. Karena gesekan diabaikan, hanya gaya dalam arah vertikal yang bekerja antara plat dan balok.

Perbandingan lendutan balok dengan dan tanpa aksi komposit


Keuntungan dan Kerugian Konstruksi Komposit

Keuntungan utama dari perencanaan konstruksi komposit mencakup:

-  Penghematan Berat Baja:  Potensi penghematan berat baja sebesar 20 sampai 30%, yang juga dapat mengurangi tinggi bangunan dan menimbulkan penghematan pada bahan bangunan lainnya.

-  Penampang Balok Baja yang Lebih Rendah:  Reduksi berat pada balok baja memungkinkan penggunaan penampang yang lebih rendah dan lebih ringan.

-  Kekakuan Lantai yang Meningkat:  Kekakuan lantai komposit jauh lebih besar, mengurangi lendutan beban hidup dan memberikan stabilitas yang lebih baik.

-  Panjang Bentang yang Lebih Besar:  Untuk batang tertentu, panjang bentang dapat ditingkatkan.

-  Kapasitas Pemikul Beban yang Meningkat:  Aksi komposit penuh meningkatkan kekuatan batas penampang, menghasilkan kapasitas cadangan yang tinggi.

Meskipun memiliki keuntungan yang signifikan, konstruksi komposit juga memiliki beberapa batasan yang harus diperhatikan:

-  Pengaruh Kontinuitas:  Pengaruh kontinuitas harus diperhatikan dalam perencanaan.

-  Lendutan Jangka Panjang:  Lendutan jangka panjang dapat menjadi masalah terutama jika penampang komposit menahan sebagian besar beban hidup atau jika beban hidup berlanjut dalam waktu yang lama. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan lebar plat efektif yang diredusir atau dengan memperbesar rasio modulus elastisitas n.

Alat penyambung geser komposit yang umum

Alat Penyambung Geser dalam Konstruksi Komposit

Selama pembebanan, penting untuk menahan gaya geser horisontal yang timbul antara plat beton dan balok baja agar penampang komposit dapat bekerja secara monolit. Meskipun lekatan antara plat beton dan balok baja bisa cukup besar, lekatan ini sendiri tidak mencukupi untuk memberikan interaksi yang diperlukan. Gaya gesek antara plat beton dan balok baja juga tidak dapat mengembangkan interaksi yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan alat penyambung geser mekanis yang terhubung ke bagian atas balok baja. Berbagai jenis alat penyambung geser mekanis umumnya digunakan, seperti yang ditunjukkan dalam Gambar.


Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

Penggunaan Konstruksi Baja : Dasar Perencanaan Struktur Baja

Penggunaan Konstruksi Baja 

Dasar Perencanaan Struktur Baja

Desain struktur harus memenuhi tiga hal penting: kekuatan, kemampuan layan, dan ekonomi. Kekuatan berarti struktur harus kuat dan aman, bahkan saat menerima beban ekstrem tanpa merusak diri atau membahayakan orang yang menggunakannya. Kemampuan layan melibatkan fungsi struktur yang tepat, seperti stabilitas dan daya tahan terhadap pembebanan, defleksi, vibrasi, deformasi permanen, retakan, dan korosi.

Aspek ekonomi mencakup biaya material, konstruksi, dan tenaga kerja dari perencanaan hingga pemeliharaan struktur. Ada dua filosofi perencanaan yang umum digunakan sekarang. Pertama, perencanaan tegangan kerja-elastis, di mana struktur dirancang untuk memastikan tegangan yang dihasilkan oleh beban kerja tidak melebihi batas kekuatan yang telah ditetapkan. Kedua, perencanaan keadaan batas, di mana struktur dirancang untuk mencegah kegagalan dalam berbagai situasi, seperti plastisitas, tekukan, kelelahan, retakan, dan lain-lain. Dalam perencanaan keadaan batas, keamanan struktur dijamin dengan mempertimbangkan berbagai kondisi batas.

Batang Tarik

Batang Tekan

Batang Lentur

Kombinasi Lentur dan Gaya Aksial 

Gelagar Plat

Jenis Konstruksi Sambungan pada Struktur Baja 
Sambungan balok sederhan

Sambungan balok dengan dudukan tanpa perkuatan

Sambungan dudukan dengan perkuatan

Sambungan dengan plat konsol segitiga 
Sambungan menerus balok ke kolom
Sambungan menerus balok ke balok

Baja sebagai Elemen Komposit

Pertanyaan

1. Apakah kelebihan penggunaan bahan baja sebagai material struktur bangunan? 

2. Sebutkan sifat-sifat mekanis baja? 

3. Sebutkan jenis-jenis profil baja di pasaran berdasarkan klasifikasi proses pembentukannya? 

4. Sebutkan dan jelaskan beberapa sistem konstruksi baja untuk struktur bangunan? 

5. Jelaskan karakteristik sambungan baut untuk konstruksi baja? 

6. Sebutkan macam-macam sambungan las? 

7. Jelaskan kriteria struktur dengan konstruksi baja! 

8. Jelaskan kriteria dan persyaratan struktur dengan konstruksi baja untuk elemen batang tarik, batang tekan dan lentur! 

9. Gambarkan beberapa aplikasi konstruksi pada struktur baja? 



Tugas

Cari sebuah contoh bangunan dengan struktur rangka baja. Gambarkan macam-macam konstruksi sambungan yang terdapat pada struktur rangka baja tersebut. Jelaskan jenis konstruksi sambungan serta peralatan sambung apa saja yang digunakan.

Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

--