Wiremesh Ukuran Standar

Wiremesh ukuran standar merujuk pada jenis wiremesh yang umumnya tersedia di pasaran konstruksi dengan ukuran dan spesifikasi baku yang telah ditetapkan. Biasanya, wiremesh ukuran standar tersedia dalam bentuk lembaran atau roll dengan dimensi yang sudah ditentukan, serta memiliki spasi antar kawat yang tetap. Wiremesh ini sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi karena ketersediaannya yang luas dan kesesuaian dengan standar industri. Dengan berbagai ukuran dan jenis diameter kawat yang disediakan, wiremesh ukuran standar menjadi pilihan yang populer bagi para kontraktor dan pembangun untuk memenuhi kebutuhan struktural dalam berbagai proyek pembangunan. Mari kita simak lebih lanjut.




 

Definisi Wiremesh Ukuran Standar

Merujuk pada standar SNI 07-0663-1995, wiremesh ukuran standar didefinisikan sebagai jaring kawat baja las yang digunakan sebagai tulangan beton. Wiremesh ini memiliki bentuk segi empat dan dibuat dari kawat baja hasil penarikan dingin yang kemudian dibentuk menggunakan sistem pengelasan titik (spot welding).

Produksi Jayasteel mesh selalu mengutamakan penggunaan bahan baku (wire rod) yang sesuai dengan spesifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Proses penarikan kawat menggunakan mesin drawing modern bertujuan untuk meningkatkan kuat tarik kawat, serta menghasilkan diameter dan permukaan kawat (Polos atau Ulir) sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Wiremesh ukuran standar tersedia dalam dua bentuk utama yang umum dijual di pasaran Indonesia. Pertama, wiremesh ukuran standar dalam bentuk lembaran dengan ukuran standar 5,4x2,1 meter dan spasi 15x15 cm. Berbagai tipe diameter kawat tersedia mulai dari M4 hingga M12 (M4, M5, M6, M7, M8, M9,  M10, M11, M12). Kedua, wiremesh ukuran standar juga tersedia dalam bentuk roll dengan ukuran 54x2,1 meter dan spasi 15x15 cm. Tersedia pula berbagai tipe diameter kawat mulai dari M4 hingga M6 (M4, M5, M6).

Proses Pembuatan Wiremesh Standar

Proses pembuatan wiremesh dimulai dengan tahap pemilihan bahan baku. Bahan baku yang digunakan adalah batang kawat baja karbon rendah (low carbon steel wire rod). Tahap awal disebut proses cold drawing, di mana terjadi pembersihan permukaan atau penghilangan karat (descaling), pengecilan diameter kawat sesuai dengan permintaan, peningkatan kekuatan tarik kawat, dan pembentukan permukaan kawat menjadi polos atau ulir. Langkah selanjutnya adalah proses straightening and cutting, di mana kawat baja yang akan digunakan sebagai line wire (searah jalur produksi) dan cross wire (melintang jalur produksi) diluruskan dan dipotong sesuai dengan kebutuhan produksi. Tahap terakhir adalah proses spot welding, di mana line wire dan cross wire digabungkan menggunakan mesin otomatis dengan sistem pengelasan titik (spot welding) sesuai dengan spasi yang diinginkan.

 

Spesifikasi Teknis Wiremesh Standar

Silakan merujuk ke tabel di bawah ini untuk melihat detail spesifikasi produk.

Standar Kualitas Produk SNI 07-0663-1995
SIFAT TAMPAK
Tipe permukaan kawat Polos atau ulir
Diameter kawat 4 mm - 10 mm
Lebar wiremesh 2.100 mm
Panjang wiremesh 5.400 mm
Spasi wiremesh 150 × 150 mm
Toleransi berat maksimum 2,5%
Penyimpangan Kesikuan maksimum 1%
SIFAT MEKANIS
Batas ulur minimum (yield strength) 50 kgf/mm2 (Grade U-50)
Kuat tarik minimum (tensile strength) 55 kgf/mm2
Kuat geser las minimum (shear strength) 25 kgf/mm2
Konstraksi minimum % 30
Uji Lengkung 180⁰ Tidak boleh retak pada sisi luar lengkung

 

Spesifikasi teknis Wiremesh Standar ini adalah mengacu pada SNI 07-0663-1995. 

Spesifikasi Wiremesh Ukuran Standar

Berikut adalah tabel wiremesh ukuran standar tipe lembaran dan roll:

TIPE WIREMESH LEMBARAN UKURAN STANDAR

TIPE DIMETER (mm) SPASI (Cm) UKURAN (M) BERAT (Kg) PERMUKAAN
M 4 4 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 15.45 Polos & Ulir
M 5 5 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 24.14 Polos & Ulir
M 6 6 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 34.76 Polos & Ulir
M 7 7 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 47.31 Polos & Ulir
M 8 8 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 61.79 Polos & Ulir
M 9 9 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 78.21 Polos & Ulir
M 10 10 mm 15 x 15 5.4 x 2.1 Meter 96.54 Polos & Ulir


TIPE WIREMESH LEMBARAN UKURAN ROLL

TIPE DIAMETER (mm) SPASI (Cm) UKURAN (M) BERAT (Kg) PERMUKAAN
M4 4 mm 15x15 cm 5.4x2,1 Meter 154.5 Polos&Ulir
M5 5 mm 15x15 cm 5.4x2,1 Meter 241.4 Polos&Ulir
M6 6 mm 15x15 cm 5.4x2,1 Meter 347.6 Polos&Ulir


Keunggulan Wiremesh Jayasteel:

- Wiremesh Mitra Jayasteel menggunakan bahan baku standar yang sesuai dengan SNI-07-0053-2006 untuk batang kawat baja rendah.
- Jaringan kawat baja las JKBL pada Wiremesh Jayasteel diketahui kokoh dan dapat diandalkan.
- Permukaan Wiremesh Jayasteel untuk kawat baja jenis 1 dan jenis 2 tidak memiliki serpihan, lipatan, retakan, atau gelombang. Hanya karat ringan yang diperbolehkan pada permukaan, yang tidak akan meninggalkan cacat jika digosok secara manual.
- Bentuk sirip Wiremesh Mitra Jayasteel dirancang untuk memberikan kekuatan tambahan dan stabilitas.
- Wiremesh Jayasteel tersedia dalam bentuk dan ukuran yang konsisten, memudahkan dalam proses instalasi.
- Uji tarik dilakukan dua kali minimal terhadap kawat baja yang memanjang dan melintang pada Wiremesh Jayasteel untuk memastikan kekuatan yang optimal.
- Uji geser las dilakukan pada titik pertemuan kawat baja pada Wiremesh Mitra Jayasteel, menjamin kekokohan struktur.
- Nilai kekuatan geser las yang tinggi adalah salah satu keunggulan dari Wiremesh Mitra Jayasteel, memberikan ketahanan yang optimal dalam berbagai kondisi.


Perbandingan antara Wiremesh Mitra Jayasteel dengan Wiremesh Pasaran

Perbandingan antara Wiremesh Jayasteel dalam ukuran standar dengan Wiremesh Pasaran dalam ukuran standar menyoroti pentingnya sertifikasi dan jaminan kualitas dalam industri konstruksi. Wiremesh Mitra Jayasteel, yang telah diakui kualitasnya, telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015, SNI, TKDN, dan mill certificate. Sertifikasi ini menegaskan bahwa produk tersebut telah melalui pengujian dan memenuhi standar yang ditetapkan, memberikan keyakinan kepada konsumen akan keandalan dan keamanan produk.

Di sisi lain, Wiremesh Pasaran dalam ukuran standar mungkin tidak selalu menawarkan jaminan kualitas yang sama seperti Wiremesh Mitra Jayasteel. Produk-produk ini mungkin tidak memiliki sertifikasi yang komprehensif seperti ISO 9001:2015, SNI, atau TKDN, yang dapat meningkatkan keraguan terhadap keandalan dan keamanannya. Kehadiran Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam produk Wiremesh Mitra Jayasteel menambah kepercayaan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, menghasilkan bangunan yang lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Dengan adanya sertifikasi SNI, konsumen memiliki kemampuan untuk membedakan produk Wiremesh Mitra Jayasteel yang berkualitas dari produk non-standar (banci) yang mungkin kurang dapat diandalkan. Ini memastikan bahwa setiap pembelian wiremesh mengikuti standar yang telah ditetapkan, mengurangi risiko penggunaan produk berkualitas rendah yang dapat mengancam keamanan struktural bangunan.



Penggunaan / Aplikasi Produk Wiremesh

Wiremesh memiliki beragam aplikasi yang berguna, antara lain:

* Penguatan Struktur Beton: Wiremesh digunakan untuk memperkuat beton dalam pembangunan konstruksi beton guna menahan gaya tarik yang terjadi. Dengan kehadiran wiremesh di dalam beton, kekuatan serta ketahanan struktur beton dapat ditingkatkan.
Selain memberikan kekuatan tambahan pada beton, penggunaan wiremesh juga dapat mengurangi risiko retak dan keretakan yang mungkin terjadi pada beton. Dengan adanya wiremesh, beton memiliki kekuatan tarik yang lebih baik, sehingga mampu menahan beban dengan lebih efisien, serta mengurangi risiko kerusakan struktural yang sering terjadi pada bangunan.
* Pengamanan Properti: Wiremesh dimanfaatkan untuk mengamankan area atau objek tertentu. Contohnya, wiremesh digunakan untuk pembatasan area, sehingga mencegah tindakan vandalisme dan masuknya hewan liar.
* Bronjong Kotak: Wiremesh dapat dijadikan bronjong kotak, digunakan untuk stabilisasi tebing agar tidak mengalami longsor, baik dengan menggunakan metode struktur gravitasi maupun metode penguatan embankmen tanah.
* Perlindungan Hewan: Wiremesh sering dipakai untuk pembuatan kandang atau pagar hewan. Ini membantu melindungi hewan peliharaan dari serangan predator atau menjaga keamanan hewan ternak.
* Dekorasi Taman dan Seni: Wiremesh sering digunakan dalam seni dan dekorasi taman. Bahan ini dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dan pola, memberikan sentuhan estetika yang menarik.

Halaman yang lain:
home-jayasteel-distributor-besi-beton-dan-wiremesh