PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN

PENGGUNAAN PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN

2.1. Aplikasi Komputer dalam Teknik Bangunan

Teknologi komputer teraplikasi dalam semua bidang kehidupan manusia. Pada prinsipnya komputer digunakan untuk mengolah data hingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Untuk itu sistem komputer terdiri dari satu kesatuan elemen:
Hardware atau perangkat keras, merupakan seperangkat komponen yang berfungsi untuk mengoperasikan proses pengolahan data. Personal Komputer (PC) dan Laptop merupakan jenis yang paling umum digunakan.
Software atau perangkat lunak, merupakan program yang berisi instruksi untuk mengolah data. Perkembangan program pada saat ini telah berkembang dengan pesat untuk semua bidang kehidupan.
Brainware atau pengguna, merupakan orang yang mengoperasikan dan menjalankan program komputer tersebut.

Dalam bidang teknik bangunan teknologi komputer memegang peranan penting baik pada aspek pelaksanaan, penelitian, maupun pendidikan. Program-program aplikasi komputer berkembang dengan cepat. Bahasa program tersebut berkembang dari berbagai variasi pendukung yang dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori. Kategori pertama adalah komponen program utama seperti manajemen database, gambar, permodelan geometri yang biasa digunakan oleh para programer atau pembuat program dan kategori kedua adalah program aplikasi pendukung yang biasa digunakan oleh umum (non-programer) seperti misalnya pengolahan data, pengolahan kata dan lain-lain.

Berbagai variasi aplikasi program komputer yang saat ini digunakan pada teknik bangunan dapat dikategorikan dalam kelompok:
− Pengolahan data (data capture)
− Desain konseptual (conceptual design)
− Desain detail (detail design)
− Interpertasi model dan pemodelan (modeling and model interpretation)
− Analisa (analysis)
− Evaluasi kinerja (performance evaluation)
− Mendesain ulang dan optimasi (redesign and optimization)
− Gabungan dengan disiplin ilmu lain (integration with other disciplines)
− Pembuatan dokumen (preparation of design document)

Aplikasi program komputer di bidang teknik bangunan merupakan upaya penyelesaian permasalahan yang muncul sebagai hambatan atau tantangan dalam mendesain pengerjaan serta koreksi terhadap kerja yang telah dicanangkan. Misalnya seperti permasalahan pengujian kekuatan sebuah struktur dengan material baru, pemodelan aliran air sungai, penyebaran limbah dalam tanah hingga tantangan untuk proyek yang dapat membahayakan jiwa seperti pemodelan pembangunan reaktor nuklir dan bendungan dilengkapi dengan faktor bahaya yang mungkin terjadi seperti gempa bumi dan banjir badang. Pada awalnya banyak digunakan tenaga ilmuwan informatika secara murni untuk terjun didalamnya, tapi karena keunikan proyek bangunan dan permasalahannya maka diperlukan aplikasi-aplikasi program komputer yang berkaitan dengan permasalahan keilmuan khas teknik bangunan.

Beberapa pengetahuan dasar yang harus dipunyai dalam menggunakan program-program aplikasi komputer di bidang teknik bangunan antara lain:

− Konsep dasar dari Finite Element Method, Finite Differential Method atau Finite Volume Method, yang biasanya dibutuhkan untuk menyelidiki kemampuan suatu materi dengan dibagi material tersebut dalam beberapa segmen pengukuran. Setiap segmen pengukuran akan menghasilkan nilai nilai. Kumpulan dari hasil nilai tersebut didapatkan nilai optimum analisa tersebut.

− Beberapa jenis bahasa pemrograman komputer diperlukan mengingat setiap bahasa pemrograman mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Minimal seorang ahli dibidang teknik menguasai bahasa pemrograman C++ dan Java.

Computer Aided Design (CAD), yakni kemampuan mengerti konsep dan cara komputer bekerja dalam permasalahan desain baik secara 2 dimensi hingga 3 dimensi. Pada beberapa institusi pendidikan bahkan diajarkan penggunaan library khusus untuk menambah atau menyesuaikan program CAD tersebut dengan kekhususan pada sebuah proyek bangunan.

− Pada ahli teknik sipil yang berkecimpung di bidang penelitian, misalnya tentang kekuatan material atau pada bidang hidrologi, sering mendapatkan permasalahan yang rumit berkaitan dengan jumlah data yang berjalan terus menerus ("real time"). Untuk menyelesaikan sebuah permasalahan tersebut, sering digunakan beberapa komputer yang disatukan ini. Oleh karena itu perlu juga dikuasai kemampuan bekerja secara paralel dengan komputer pada tingkat dasar.

Contoh-contoh program aplikasi komputer dalam bidang teknik sipil yang banyak digunakan di Indonesia terbagi atas :
− Administrasi proyek: MS Office (Word, Excel, Power Point)
− Manajemen proyek: MS Project, Primavera
− Program analisis struktur: SAP 2000, STAAD Pro
− Desain dan penggambaran: Autocad, Architectural Desktop, Archicad, Autodesk Building Revit, 3D Home Designer,

2.2. Aplikasi program MS Office dalam Teknik Bangunan

MS Office atau Microsoft Office merupakan kumpulan beberapa program yang sangat diperlukan untuk pembuatan dokumen, homepage, publikasi, presentasi, database, dan pembukuan. Beberapa aplikasi yang sering digunakan antara lain adalah MS Word untuk pekerjaan pengolahan kata, MS Excel untuk pengolahan data spreadsheet (lembar kerja elektronik) dan MS PowerPoint untuk membuat presentasi.

Untuk menjalankan pilihan program MS Office dapat dilakukan melalui perintah start All program Micrisoft Office dan melakukan pilihan program yang akan digunakan seperti pada gambar.
 
Gambar Toolbar aplikasi program MS Office

<4>
<4>

daftar harga besi beton dan wiremesh Share ke Twitter . Share ke Facebook . Share ke Pinterest .


Terkait:

0 comments