Besi Beton SNI + Wiremesh Standar



Besi Ulir U40 produsen / distributor Jakarta Selatan

855: selamat siang Jaya Steel

855: untuk besi ulir U40 ada ya Pak?

855: Bapak dari pihak produsen atau distributor?

855: saya butuh besi ulir U40 :

D32 = 1 batang

D19 = 35 batang

D16 = 35 batang

D13 = 5 batang

D10 = 160 batang

Afandi Kusuma: utk daerah mana

855: Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

855: gak bisa ya Pak?

Afandi Kusuma: tidak

855: oke terima kasih

Afandi Kusuma: oh ya

dihubungi rekan saya yg di Jakarta ya.

ini dgn siapa?

saya Afandi Kusuma

 


 bjtp 280
bjtp 280 artinya
harga besi ulir 24
kode besi ulir dan polos
spek besi beton
mutu besi beton ulir
besi ts 35 artinya
spesifikasi besi

 

 

 

Besi Beton Ulir Di Bekasi, Jakarta

2992: Salam..

Saya ingin info tentang *Harga Besi Beton Ulir 13, 16, 22* Nama saya : S

Alamat : Marunda Center

Afandi Kusuma: marunda itu daerah mana

2992: Di Bekasi

Afandi Kusuma: kebutuhan ukuran berapa

berapa banyak

2992: Besi Beton Ulir :

1. 13mm = 75 Batang

2. 16mm = 75 Batang

3. 22mm = 1 Batang

Afandi Kusuma: dihubungi rekan saya yg di Jakarta ya.

saya bertugas di Surabaya 😊

2992: Siap

 

Daerah yang sering minta suplai besi beton adalah Bekasi dan sekitarnya, juga Jakarta.





πŸ‘‰ Kali ini kami bagikan info tentang harga besi 10 full () Bekasi  dan sekitarnya. Suplai bahan bangunan, khususnya besi beton untuk wilayah Bantar Gebang, Bekasi. Dapatkan khusus untuk anda di Jatiasih dan Rawalumbu untuk update harga besi beton ulir 12mm per batang yang bisa anda minta langsung ke admin Jayasteel.
🀝 Terima kasih untuk kepercayaan dan kerjasama dari distributor besi beton Bekasi di Mustika Jaya dan Medan Satria. Semoga setiap kegiatan yang teman-teman lakukan berjalan dengan lancar. Di halaman lain  kami bagikan harga besi ulir 12 mm full yakni per lonjor. Yang tentu saja, untuk harga spesial khusus sesuai kebutuhan anda, bisa langsung melalui admin Jayasteel.
πŸ˜‡ Kami sangat memperhatikan mutu besi beton ulir yang kami kirim untuk anda atau ke pelanggan anda. Selengkapnya harga besi beton Jaya Steel dan harga besi bjts 40 di Tombol Hitung Harga Besi Beton dibawah

 

 

 

 

Pricelist Besi Tulangan diameter 8, 10, dan 13

3308: selamat sore

3308: selamat sore, sebelumnya perkenalkan kami dari AZ A

Pak / Bu, kami ingin minta katalog dan pricelist besi tulangan diameter 8, 10, dan 13.

Afandi Kusuma: kebutuhan berapa banyak

Afandi Kusuma: untuk daerah mana

3308: BSD CIty Pak

3308: untuk kebutuhan masih dihitung Pak

Afandi Kusuma: kira kira berapa banyak?

Afandi Kusuma: ini di Jakarta ya?

3308: iya untuk proyek kami di jakarta Pak

Afandi Kusuma: dihubungi rekan saya yg di Jakarta ya.

saya bertugas di Surabaya

3308: baik, bisa dibantu Pak ?

Afandi Kusuma: atas nama siapa?

saya Afandi Kusuma

3308: saya dengan f Pak

050: halo siang

050: saya m dr E

050: boleh di minta PL besi pak

Afandi Kusuma: kebutuhan ukuran berapa

 Afandi Kusuma: berapa banyak

 Afandi Kusuma: untuk daerah mana

 Afandi Kusuma: 😊




✍️ Untuk pembelian dan pengiriman atau sekedar info harga besi 10 panjang 12 meter yakni Rp,- /ljr.Dan terimakasih pesanan untuk besi beton 10 sni di Brebes dan besi beton full untuk di Makassar. Juga terima kasih kami sampakaikan pada distributor besi beton yang ada di Kendari atas kerjasama yang baik. Selain harga besi 10 per batang, ini kami update juga betoneser ΓΈ 8 harga hari ini adalah Rp,- per batang. Senang juga untuk order 10 sni Madiun. Salam untuk kawan di Kartoharjo dan di Mangunharjo Kota Madiun. Sukses selalu.


Harga Besi 8, 10 dan 6, di Cirebon


😚 Untuk harga besi 10 per batang adalah rupiah. Dan harga besi 6mm per batang adalah . Dari Depok dan Cileduk Cirebon, yang order besi 10 sni sekedar untuk info saja, atau juga untuk pengiriman dan pembayaran. Terima kasih. Dan seperti yang lain juga ada pengirimman besi 10 Kendari yakni di Baruga dan Kambu, juga di Puuwatu. Kami bagikan untuk user anda tabel daftar harga besi beton per batang bisa anda lihat tabelnya di halaman lain di web ini. Mengenai herga besi 8 per batang adalah rupiah. Demikian juga untuk besi 10 di Brebes yang dipesan rekan distributor dan untuk sekedar info besi 10 polos per batang 

Permintaan harga terendah untuk besi 6 di Cirebon

Afandi Kusuma: besi 8, 10 dan 6

utk di Cirebon

Afandi Kusuma: pak m

m cbesi cirebon: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis :polos

Ukuran :6-8-10

Jumlah : jumblah tuk 10 unit jumbla btg blm sy hitung sy minta harga dulu baru kita hitung kebutuhan kita minta harga yg terendah pak

...

m cbesi cirebon: ...mana pk hargaya

m cbesi cirebon: Hargaya mana pk

Afandi Kusuma: : 7.1 cap 8 sni ts 280= 43.600/btg

7.6 cap 8 sni ta 28= 49.500/btg

8 sertifikat full= 52.500/btg

: 7.4 cap 8 sni ts 280= 47.200/btg

: besi 10 polos sertifikat= 83.000/btg

Afandi Kusuma: yg 6 masih dihitung dulu

m cbesi cirebon: Besi 10 yg biasa aja pk yg terenda gk usah full dan besi 6 ya blm ada

Afandi Kusuma: 6= 29.000

8: 49.300

10= 67.000 per btng

Afandi Kusuma: kalau banyak bisa nego

m cbesi cirebon: Ok pk nanti sy kekantor dulu p hitung kebutuhanya

m cbesi cirebon: Kalau ke cirebon berahari oder p

 

Besi Polos 8, 10, 12, Depok, Jakarta

Mengenai pertanyaan Berapa harga besi beton 8mm per batang? Untuk hari ini yakni rupiah. Yang berarti adalah per kg. Demikian juga untuk pencarian info Harga Besi Beton 6mm, update per adalah per kg = per batang. Untuk spesifikasi dan pemesanan besi 8mm ada di halaman lain di website ini. Demikian harga besi Per Batang yang kami sampaikan. Daftar lebih lengkap, ada dibagian bawah halaman ini, dengan buka tombol Hitung Harga Besi Beton.


Terimakasih untuk rekan yang ada di Kota Depok, di Tapos dan Sukmajaya. Salam dari rekan distributor besi beton di Beji, Limo, Pancoran Mas, dan Sawangan. Sekalian juga untuk yang di Cimanggis, Cilodong, dan Bojongsari. Salam hangat untuk pemain besi di Cinere dan Cipayung.

Menyenangkan bisa Melayani suplai Besi Beton Polos ke Beji Kota Depok


Proses order:
- Permintaan penawaran dengan menyebutkan ukuran, dan jumlah serta lokasi tujuan
- Mendapatkan penawaran harga
- Persetujuan harga
- Petugas dari pihak pembeli boleh survei langsung ke gudang ada pabrik saat proses muat
- Pelunasan sebelum barang keluar gudang / pabrik
- Pengiriman ke alamat yang diberikan.

 

2777: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis : besi polos

Ukuran : 8 , 10 , 12

Jumlah : unknown 

...

2777: apakah ada minimal pembelian?

Kusuma: utk daerah mana

2777: krukut dkt depok

Kusuma: kira-kira kebutuhan berapa banyak

2777: ada minimal pembelian ya kang?

Kusuma: berapa saja bisa diatur sih.

Kusuma: dihubungi rekan saya yg di Jakarta ya


saya bertugas di Surabaya 😊

Kusuma: ini dgn siapa?


saya Kusuma

Kusuma: ya. besok dihubungi petugas kami ya

 



Ukuran Besi Beton    Spesifikasi    Harga Per Batang
6mm    Diameter 6mm    39000
8mm    Diameter 8mm    50000

Besi 10 full harganya berapa?
Daftar harga besi 10 full sni terbaru November 2021
Besi Beton 10 mm Ulir FULL SNI sertifikat    Rp87.900
Besi Beton 10 mm Polos full SNI    Rp95.500
Besi Beton 10 mm Ulir FULL SNI 0.2    Rp111.000
Besi Beton 10 mm Ulir FULL SNI sertifikat    Rp87.900
Besi Beton 10 Polos SNI FULL Toleransi 0.3    Rp77.500

 

 

 

Wiremesh Roll M5 Full Jakarta Barat

πŸ’“ Mengenai info harga wiremesh m5 per lembar yang kami bagikan untuk anda. Dan wiremesh m4 per lembar yang ready untuk anda di daerah anda, senang bisa membagikannya untuk anda. Sekedar tulisan mengenai spesifikasi wiremesh m5 atau pengirimannya ke lokasi proyek atau gudang anda, senang bisa melayani kebutuhan anda dan customer anda. Untuk anda yang ada di Jakarta Barat, yang di Cengkareng dan Grogil, kami bagikan untuk anda, daftar dan spesifikasi ukuran wiremesh m5 per lembar yang semoga berguna bagi pengunjung semua.

Terima kasih juga untuk anda yang telah menanyakan informasi wiremesh roll m6 dan anda yang gudangnya di Tamansari dan Petamburan, serta Kebonjeruk. Dapatkan info dan suplai serta tabel berat wiremesh m5 per roll untuk toko anda yang ada di Kalideres dan Palmerah. Salam untuk rekan kita di Kembangan. Dan kami telah bagikan untuk anda  wiremesh m4 dan ukuran lain.
πŸ’“ Untuk wiremesh m6 dan semua ukuran yang lain yang telah kami bagikan semoga inilah yang seperti yang anda cari.

 

 

Berat wiremesh M5 per lembar adalah 24,14 kg
Harga wire mesh M5 adalah per lembar

283: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis : wiremesh roll

Ukuran : m5 full

Jumlah : 3 roll

...

Afandi Kusuma: untuk daerah mana

283: Jakarta barat

Afandi Kusuma: ini dgn siapa?

dihubungi rekan saya yg di Jakarta ya

283: A

283: Ok pak

 


Harga Besi D13 Lurus Surabaya Sambikerep

Dapatkan penawaran khusus untuk anda, harga besi ulir 13 full ulir per batang. Terimakasih untuk rekan di Sambikerep Surabaya atas permintaan ulir 13 sni. Kami bagikan juga harga ulir 12 mm full yakni dan ulir 14 mm / ljr. Di halaman lain, kami juga bagikan tabel harga ulir 10 () juga harga besi 8 (). Demikian untuk yang di Surabaya dan sementara itu harga besi ulir 13 di Bali tetap sama, hanya selisih dalam ongkos kirim. Semoga berguna.

 



Update Harga Besi Beton Ulir D 13, = / batang

✮✮✮✮✮


 

0004: selamat siang Pak, saya dari PT. S  (S Indonesia). Saya tanya info harga besi d13 lurus @400 btang

Afandi Kusuma: utk di daerah mana

0004: Surabaya pak Jl. Sambikerep

Afandi Kusuma: sebentar, dihubungi petugas kami ya

0004: baik pak, terima kasih πŸ™

 

 



Macam Gaya Struktur Bangunan Proses Analisis

 STATIKA BANGUNAN
 

Elemen-elemen Sistem Struktur Bangunan

۞  Struktur bangunan adalah bagian dari sebuah sistem bangunan yang bekerja untuk menyalurkan beban yang diakibatkan oleh adanya bangunan di atas tanah. Fungsi struktur dapat disimpulkan untuk memberi kekuatan dan kekakuan yang diperlukan untuk mencegah sebuah bangunan mengalami keruntuhan. Struktur merupakan bagian bangunan yang menyalurkan beban-beban. Beban-beban tersebut menumpu pada elemenelemen untuk selanjutnya disalurkan ke bagian bawah tanah bangunan, sehingga beban-beban tersebut akhirnya dapat di tahan.

Sejarah Perkembangan Sistem Struktur


Klasifikasi Struktur

Elemen-elemen Utama Struktur

Satuan Struktur Utama dan Penggabungannya 
Kriteria desain struktur
Pembebanan pada Struktur

MODEL STATIK.

Macam-macam Gaya dalam Struktur Bangunan
Proses Analisis

  Langkah-langkah dasar proses analisis struktur dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan kekuatan struktur sesuai kondisi yang direncanakan. Secara umum, langkah-langkah dasar proses analisis adalah:

1. Menentukan perilaku struktur, menganalisis menjadi elemen-elemen dasar, serta membuat model kondisi batas elemen sehingga keadaan gabungan struktur yang sesungguhnya dapat direpresentasikan. Pemodelan menggunakan anggapan mengenai gaya dan momen pada elemen struktur tersebut. Pemodelan yang digunakan dapat sederhana misalnya balok di atas tumpuan sederhana, atau pemodelan yang cukup rumit misalnya balok pada struktur rangka yang mempunyai titik hubung kaku, dan yang mengharuskan peninjauan struktur secara lebih luas yang melibatkan bagian-bagian struktur yang lain.

2. Menentukan sistem gaya eksternal yang bekerja pada struktur yang ditinjau. Hal ini sering melibatkan langkah-langkah seperti bagaimana beban penggunaan yang bekerja pada permukaan yang dipikul oleh elemen-elemen struktural dapat disalurkan ke tanah. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagian mana dari beban total yang dipikul oleh setiap elemen struktur yang berhubungan. Dengan demikian cukup atau tidaknya kebutuhan elemen struktur dapat diketahui.

3. Menentukan dan menerapkan prinsip-prinsip keseimbangan, momen dan gaya-gaya reaksi yang timbul sebagai akibat adanya gaya-gaya eksternal. Untuk struktur statis tertentu dengan menerapkan persamaan-persamaan keseimbangan statika, yaitu Ξ£Fx=0, Ξ£Fy=0, dan Ξ£Mo=0. Untuk model struktur yang lebih kompleks adalah struktur statis tak tentu maka diperlukan metode penyelesaian khusus.

4. Menentukan perilaku-perilaku momen dan gaya internal yang timbul dalam struktur sebagai akibat gaya-gaya eksternal. Pada elemen-elemen kaku linear seperti balok pada umumnya, hal ini melibatkan penentuan besar dan distribusi momen secara geser internal dalam struktur.

5. Menentukan kekuatan elemen struktur agar cukup kuat untuk memikul gaya-gaya internal tersebut tanpa mengalami kelebihan tegangan maupun deformasi. Hal ini berarti melibatkan perhitungan tegangan yang terkait dengan gaya internal yang ada serta membandingkan tegangan tersebut dengan tegangan yang aman untuk dipikul oleh material yang digunakan. Perkiraan tegangan aktual memerlukan tinjauan jumlah dan distribusi material dalam struktur.

Aksi Gaya Eksternal Pada Struktur 

 


Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 

Hollow Galvalum dan Hollow Galvanis

Dapatkan apa yang banyak dicari pebisnis bahan bangunan untuk melengkapi tokonya. Karena memang banyak dicari dan banyak penggunaan yang menguntungkan bagi semua pihak. Galvalum adalah adalah bahan yang bagus untuk membuat rangka atap, tahan api dan tahan hama hewan pengganggu.
Untuk membuat kanopi galvalum dari tukang yang berpengalaman dan dapat membuat desain yang bagus serta perhitungan kebutuhan sesuai dengan beban hidup dan beban mati, anda dapatkan konsultasikan kepada petugas kami. Untuk info kontak, bisa langsung menghubungi admin kami. 

Pengetahuan yang anda inginkan mengenai kanopi, dan hal yang berhubugan dengannya, dapat disearch di web ini. Semoga kami bisa membagikan secara berkala, sehingga semakin lengkap kebutuhan informasi mengenai produk galvalum, bisa dibagikan di sini. 

Ada produk hollow galvalum dan hollow galvanis untuk kebutuhan proyek anda.  Untuk rangka plafon, rangka kanopi, pagar, partisi, dan lain-lain. Dapatkan penawaran menarik untuk anda yang berada di Mojokerto  dan Jombang.

plat galvalum lembaran biasa digunakan untuk talang juga ada
terima kasih info yang diberikan harga atap galvalum sesuai dengan
ukuran galvalum yang dibutuhkan
dan suka dengan galvalum pasir untuk bahan atap
terima kasih juga penjelasan menarik tentang galvalum vs spandek

Salah satu jenis atap yang kian populer adalah atap galvalum atau kerap disebut juga atap baja ringan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?
Apa itu Atap Galvalum?
Atap galvalum adalah atap yang terbuat dari baja ringan yang dilapisi seng (zinc), aluminium, dan silikon. Tujuan pelapisan (coating) tersebut adalah untuk melindungi baja dari oksidasi.
Kelebihan Atap Galvalum
Bukan Atap Seng Biasa
Galvalum Lebih Fleksibel
Ringan Buat Rangka
Awet dari Cuaca dan Rayap
Ideal untuk Garasi dan Beberapa Kondisi
Estetis
Ringan di Kantong
Kekurangan Atap Galvalum
Mudah Panas
Berisik
Mudah Rusak
Warna Bisa Pudar

terimakasih info  Daftar Harga Atap Galvalum yang diberikan


====
Untuk anda yang sedang cari toko spandek Sidoarjo atau Surabaya atau Mojokerto dan sekitarnya, dapatkan kabar baik untuk anda. Mudah mendapatkan penawaran terbaik sesuai kebutuhan dan budget anda. Ada rekanan  di  Malang, Tulungagung, Madiun dan Bojonegoro untuk pengiriman lebih mudah dan lebih cepat, dan biaya lebih hemat.

Terima kasih untuk rekan-rekan di Gresik, Lamongan dan Tuban. Dapatkan info harga galvalum Sidoarjo 2021 dan juga untuk harga fangko di daerah anda.
untuk pasang rangka atap galvalum
dapat harga atap galvalum
dan harga galvalum panjang 6 meter
satu lagi inilah spandek kencana ks vivo iggi sidoarjo
coba-coba aplikasi guna spandek lengkung sidoarjo
dapat juga informasi spandek bekas sidoarjo

mencari bahan baja ringan untuk membuat kursi meja tangga dan juga untuk pagar dan pintu

terima kasih dapat harga terbaru kanal c baja ringan

 




 

Info Besi Begel Cirebon

1247: Malam om,,,,πŸ™

Afandi Kusuma: selamat malam

1247: Mau Info besi begel bisa pak?

Afandi Kusuma: yg ukuran berapa

Afandi Kusuma: berapa banyak

Afandi Kusuma: untuk daerah mana

1247: Sy daerah Majalengka, perbatasan cirebon pak

1247: Klo mau do minimal pembelian brp ya pak?

Afandi Kusuma: kebutuhan berapa banyak?

Afandi Kusuma: angkutan biasanya 8 ton atau 15 ton atau 36 ton

1247: Iya pak, mohon maaf minimal 8 ton berarti ya pak.

Afandi Kusuma: angkutan juga ada yg 

1,5 ton, 3 ton

700kg

1247: Klo list harga sudah termasuk biaya angkut blm ?

Afandi Kusuma: kebutuhan berapa banyak

1247: Wait

1247: 10 pak

1247: Estimasi yah

1247: Cuma blm ada yg cocok nih harganya😊

Afandi Kusuma: 10 batang?

1247: Ton bosss

Afandi Kusuma: ukuran berapa?

1247: 6 sampe 12

 

 




Wiremesh M5 yg roll + Ada Wire mesh M8 Full

ea . g jual wmesh: Terima kasih telah menghubungi D. Pesan anda akan kami balas secepatnya😊

Senin - Jum'at : 09.00 - 16.30 WIB

Sabtu : 09.00 - 13.30 WIB

Minggu dan tanggal merah libur

ea . g jual wmesh: Selamat Datang Di PT. G😊 Ini adalah Pesan Otomatis. 


Silahkan beritahu apa yang dapat kami bantu? 


vo jual wmesh: Ada kebutuhan material apa pak?

: belum


yg sebelumnya sudah beres ambil dari pabrik di Gresik

: lokasi gudang dimana

vo jual wmesh: Ohh baik pak

vo jual wmesh: Lokasi gudang kami di cipinang jaya, jatinegara, jakarta timur

a: apakah ada minimal order?

a: wiremesh m5, satu roll, harga berapa?

vo jual wmesh: Tidak ada minimal order pak

vo jual wmesh: Wiremesh m5 harga 3.680.000/roll

a: saya di Sidoarjo


toko

vo jual wmesh: Ohh iya pak

vo jual wmesh: Kalau di kirim dikenakan ongkir

a: kemarin ada yg tanya cuma 1 roll.

-286: Selamat pagi pak afandi, saya A dari PT. P di pangkal pinang pak, kami ada kebutuhan wiremesh M5 yg roll, dan kebutuhan 1 Roll pak Afandi, saya mohon penawaran harga dari bpk, 

Bisa tolong di emal atau wa juga bisa pak

t@gmail.com

286: Sore pak afandy, saya bisa minta penawaran harganya pak?

a: kalau bisa melayani, silakan ambil

a: kemarin saya berikan ke rekan di m, seperti nya tdk bisa melayani kalau cuma satu roll

vo jual wmesh: Lokasinya dimana pak?

a: dia minta kirim ke ekspedisi di Jakarta

vo jual wmesh: Dikirim bisa pak, dan dikenakan ongkir

a: ya.

boleh dikoordinasikan dgn nomor tsb

vo jual wmesh: Untuk harganya nanti gimana pak?

a: ya tsaja.

diatur saja, sembarang.

vo jual wmesh: Mau tharga berapa pak?

a: eitu nama orang ya?

a: sembarang.

diatur saja

a: yg penting user terlayani

o jual wmesh: Jakarta pak

a: ya

333: Pagi pak, ada wiremesh M7 (6,5) pa?

333: 1000 lembar pak

333: pengiriman ke jambi

333: bisa kan ya masuk kontainer

o jual wmesh: Gimana pak?

a: pak R

 yg sedang cari wiremesh atau pagar  😊

o jual wmesh: Baik pak, coba nanti saya chat

  9551: Salam..

Saya ingin info tentang *Harga Wiremesh* Nama saya : D

Alamat : Bandung

9551: Mau bertanya apakah ada wiremesh M8 Full?

Afandi Kusuma: ukuran berapa

Afandi Kusuma: berapa banyak

-9551: M8 Full Pak

Afandi Kusuma: kebutuhan berapa banyak

9551: Banyak Pak, lebih dari 50 ton

Hanya saja sedang mencoba nyari yg bener² full 8 mm

Afandi Kusuma: bisa, diproduksi dulu.

: dihubungi petugas kami ya

o jual wmesh: Baik pak

: terimakasih.


wah jadi semangat nih jualan wiremesh daerah sana

: boleh minta foto-foto ya

utk bahan promosi di website

: foto-foto produk kalau ada

saat produksi, saat di gudang saat pengiriman dll πŸ™πŸ˜Š

o jual wmesh: Baik, nanti saya kirim ya pak

9168: *Saya ingin info mengenai Produk JayaSteel* 

Jenis : kawat mess 

Ukuran :#8,SS 316 Diameter kawat 0,50mm

Jumlah :4roll @30meter 

...

9168: Dengan j pak

h: Ngga punya pak

 


 

 

 

Aksi Gaya Eksternal Pada Struktur

 Aksi Gaya Eksternal Pada Struktur

Aksi gaya eksternal pada struktur menyebabkan timbulnya gaya internal di dalam struktur. Gaya internal yang paling umum adalah berupa gaya tarik, tekan, lentur, geser, torsi dan tumpu. Pada gaya internal selalu berkaitan dengan timbulnya tegangan dan regangan. Tegangan adalah ukuran intensitas gaya per satuan luas (N/nm2 atau Mpa), sedangkan regangan adalah ukuran deformasi (mm/mm).

* Gaya tarik adalah adalah gaya yang mempunyai kecenderungan untuk menarik elemen hingga putus. Kekuatan elemen tarik tergantung pada luas penampang elemen atau material yang digunakan. Elemen yang mengalami tarik dapat mempunyai kekuatan yang tinggi, misalnya kabel yang digunakan untuk struktur bentang panjang. Kekuatan elemen tarik umunya tergantung dari panjangnya. Tegangan tarik terdistribusi merata pada penampang elemen.

* Gaya tekan cenderung untuk menyebabkan hancur atau tekuk pada elemen. Elemen pendek cenderung hancur, dan mempunyai kekuatan yang relatif setara dengan kekuatan elemen tersebut apabila mengalami tarik. Sebaliknya kapasitas pikul beban elemen tekan panjang akan semakin kecil untuk elemen yang semakin panjang. Elemen tekan panjang dapat menjadi tidak stabil dan secara tiba-tiba menekuk pada taraf beban kritis. Ketidakstabilan yang menyebabkan elemen tidak dapat menahan beban tambahan sedikitpun bisa terjadi tanpa kelebihan pada material. Fenomena ini disebut tekuk (buckling). Adanya fenomena tekuk ini maka elemen tekan yang panjang tidak dapat memikul beban yang sangat besar.

* Lentur adalah keadaan gaya kompleks yang berkaitan dengan melenturnya elemen (biasanya balok) sebagai akibat adanya beban transversal. Aksi lentur menyebabkan serat-serat pada sisi elemen memanjang, mengalami tarik dan pada sisi lainnya akan mengalami tekan. Jadi keadaan tarik maupun tekan terjadi pada penampang yang sama. Tegangan tarik dan tekan bekerja dalam arah tegak lurus permukaan penampang. Kekuatan elemen yang mengalami lentur tergantung distribusi material pada penampang dan juga jenis material.

Respon adanya lentur pada penampang mempunyai bentuk-bentuk khusus yang berbeda-beda.

Geser adalah keadaan gaya yang berkaitan dengan aksi gaya-gaya berlawanan arah yang menyebabkan satu bagian struktur tergelincir terhadap bagian di dekatnya. Tegangan akan timbul (disebut tegangangeser) dalam arah tangensial permukaan yang tergelincir. Tegangan geser umumnya terjadi pada balok.

* Torsi adalah puntir. Tegangan tarik maupun tekan akan terjadi pada elemen yang mengalami torsi.

* Tegangan tumpu terjadi antara bidang muka kedua elemen apabila gaya-gaya disalurkan dari satu elemen ke elemen yang lain. Tegangantegangan yang terjadi mempunyai arah tegak lurus permukaan elemen.

Fenomena Struktural Dasar 

Selengkapnya: Macam-macam Gaya dalam Struktur Bangunan


Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 

Baja adalah : Jenis, pengertian, unsur, klasifikasi

 Logam baja dihasilkan dari pengolahan lanjut besi kasar pada dapur konventer, Siemens Martin atau dapur listrik, dimana hasil pengolahan dari dapur – dapur tersebut menghasilkan baja karbon yang mempunyai kandungan karbon maksimum 1,7 %.
Baja karbon sangat banyak jenisnya, dimana komposisi kimia, sifat mekanis, ukuran, bentuk dan sebagainya dispesifikasikan untuk masing - masing penggunaan pada Standar Industri Jepang (JIS). Pada bab ini menjelaskan tentang baja karbon.

Besi murni lunak, tidak kuat sehingga tidak dapat dipakai. Untuk menambah kekuatan, karbon (C) 2% atau kurang ditambahkan ke besi murni membentuk material struktur campuran besi karbon. Material ini disebut baja karbon. Disamping karbon, baja karbon terdiri dari sejumlah kecil mangan (Mn), dan silikon (Si), dan sedikit phospor (P) serta belerang (S) sebagai unsur - unsur pada pembuatan baja. Elemen - elemen ini disebut 5 elemen untuk besi. Tabel berikut menspesifisikan karakteristik dari masing - masing 5 elemen tersebut. Besi yang mengandung silikon dan karbon 2-4,5% disebut Besi Tuang. Baja campuran yang dibuat untuk penggunaan dan perlakuan khusus, mengandung nikel (Ni), khrom (Cr), tembaga (Cu), molybden (Mo), vanadium (V), aluminium (Al), titan (Ti), boron (B) dan sebagainya disamping karbon. Baja campuran diklasifikasikan menjadi baja campuran tinggi dan baja campuran rendah, sesuai dengan jumlah kandungan elemen campurannya. Baja campuran juga disebut Baja Khusus. Normalnya walaupun baja khusus juga merupakan baja karbon tingkat tinggi misalnya baja perkakas, baja potong atau baja diperkeras, yang dibuat dengan produksi khusus atau metode perlakuan panas dan lain-lain.

Adapun pembagian jenis–jenis baja :
(a) Baja karbon rendah
Baja karbon rendah yang biasanya disebut mid steel mengandung karbon antara 0,1 % sampai dengan 0,3 % dan dalam perdagangan baja karbon rendah berbentuk batang (profil), plat – plat baja dan baja strip.
(b) Baja karbon sedang
Baja karbon sedang mempunyai kandungan karbon antara 0,3 % sampai dengan 0,6 % dan dalam perdagangan baja karbon sedang digunakan untuk bahan baut, mur, poros, piston, poros engkol dan roda gigi.
(c) Baja karbon tinggi
Baja karbon tinggi mempunyai kandungan karbon antara 0,7 % sampai dengan 1.3 % dan setelah mengalami proses heat treatment, baja tersebut digunakan untuk pegas (per), alat – alat perkakas, gergaji, pisau, kikir dan pahat potong.
(d) Baja campuran
Baja campuran yang biasanya disebut alloy steel, adalah baja yang sudah mengalami proses penambahan unsur – unsur paduan yang bertujuan untuk memperbaiki sifat kekerasan dan keuletan.

Adapun unsur–unsur paduan tersebut adalah :
1. Nikel : Penambahan unsur nikel (Ni) pada karbon akan membuat baja karbon menjadi tambah ulet, kuat dan mencegah baja karbon terhadap karat
2. Chronium : Penambahan unsur ini bertujuan untuk menambah keuletan, kekerasan dan ketahanan terhadap aus menjadi lebih baik
3. Mangaan : Penambahan unsur mangaan mengakibatkan hasil produk baja menjadi lebih bersih dan mengkilap, selain itu kekuatan dan ketahanan panas dari baja karbon tersebut menjadi lebih baik
4. Silicon : Penambahan unsur paduan silicon mempengaruhi
sifat elastisitas yang mempunyai baja karbon meningkat, sehingga baja karbon yang mengalami penambahan unsur paduan silicon baik dipergunakan
untuk pegas
5. Tungsten : Unsur – unsur paduan tersebut dapat mempengaruhi baja Molybdenum karbon mempunyai sifat tahan terhadap temperatur tinggi, dan Vanadium tahan terhadap keausan dan mempunyai sifta yang ulet, sehingga baja karbon yang ditambahi unsur–unsur paduan tersebut sangat baik digunakan untuk baja potong cepat (HSS) dan roda gigi.

(e) Baja tahan karat
Baja tahan karat yang biasanya disebut stainless steel, bersifat memberikan perlawanan terhadap karat. Dan untuk menghasilkan baja tahan karat, baja karbon ditambahi unsur paduan chorium sebesar 2%.

Kandungan karbon dan sifat mekanis
Sifat baja berubah sesuai dengan kondisi pembuatan baja dan metode perlakuan panas. Sifat mekanis dari baja besar perbedaannya sesuai dengan kandungan karbon. Umumnya dengan kandungan karbon yang lebih tinggi menaikkan tegangan tarik, titik mulur dan kekerasan tetapi menurunkan perpanjangan, sifat mampu pengerjaan dan sifat mampu las serta cenderung retak. Maka baja bila akan dilas harus mempunyai kandungan karbon rendah. Gambar berikut memperlihatkan hubungan antara kandungan karbon dengan sifat mekanis baja.

Sehubungan dengan kandungan karbon, baja karbon diklasifikasikan menjadi baja karbon rendah, baja karbon sedang dan baja karbon tinggi, seperti diberikan pada tabel berikut. Baja karbon juga dapat  diklasifikasikan baja keras yang dapat dikeraskan dan baja lunak yang tidak dapat dikeraskan.

Tabel  Klasifikasi baja karbon

Jenis Kandungan karbon Penggunaan utama
Baja karbon rendah atau baja lunak 0,08% - 0,3% Baja roll biasa atau plat baja, profil, pipa, gulungan
Baja karbon sedang 0,31% - 0,59% Baja untuk struktur mesin, poros, roda gigi, baut, mur
Baja karbon tinggi atau baja keras 0,6% - 2,0% Rel kereta api, baja perkakas, baja pegas, baja alat ukur



 .
 
Gambar Hubungan antara kandungan karbon dan sifat mekanis
 

Proses Pembuatan Baja

 Bahan baku baja adalah biji besi. Biji besi dibuat menjadi besi kasar yang mana baja karbon, baja campuran atau besi tuang dibuat.

1) Proses pembuatan besi kasar
Untuk membuat besi kasar, biji besi (hematit, magnetit, limonit, biji mangan dan lain-lain) sebagai bahan baku, batu kapur sebagai fluks dan kokas (batu bara) sebagai bahan bakar dipasok ke dapur tinggi.
Dengan membakar kokas, dapur dipanaskan hingga 2000oC. Biji besi direduksi dengan kokas menjadi cair dan menetes. Kotoran dalam bahan baku diikat oleh batu kapur membentuk slag/terak yang terangkat dipermukaan. Hasil produk ini disebut besi kasar. Besi kasar panas dimasukkan dalam sebuah ladle (cawan) dibawa ke proses pembuatan baja. Besi kasar mengandung 4%-5% karbon dan belum dapat dipakai.
Ini digunakan sebagai bahan baku untuk baja dan besi tuang.

2) Proses pembuatan baja
Pembuatan baja termasuk pemurnian besi kasar menjadi baja.
Besi kasar atau besi skrap sebagai bahan baku dilebur dalam tungku pembuatan baja (Konverter LD, dapur listrik atau dapur frekuensi tinggi).
Deoksidan atau pelarut ditambahkan ke besi cair untuk menghilangkan kotoran. Dapur listrik utamanya digunakan untuk memproduksi baja khusus. Konverter LD memproduksi baja dengan menyemburkan oksigen tekanan tinggi untuk mengoksidasi dan membakar kotoran.
Tidak menggunakan bahan bakar. Baja cair yang dimurnikan kembali dimasukkan ke dalam cawan dan dituang ke cetakan.
Baja cair pada kondisi ini dibagi menjadi killed stell, semi killed steel dan rimmed steel sesuai  dengan derajat deoksidasinya yang mana mempunyai pengaruh yang penting pada sifat baja.

3) Proses pengerolan
Hasil dari cetakan baja dibawa ke proses pengerolan panas atau dingin menjadi plat/lembaran baja, pipa baja, batangan atau profil.
 .

 
Gambar Diagram Proses Pembuatan Baja



~ Plat baja
Tipikal produk baja adalah plat baja. Plat baja diklasifikasikan berdasarkan pemakaiannya oleh Standar Industri Jepang (JIS). Juga diklasifikasikan sesuai dengan ketebalannya menjadi plat tebal (25 mm atau lebih), plat (3 mm sampai dengan kurang dari 25 mm) dan plat tipis (kurang dari 3 mm).

`Baja untuk struktur las`
Baja untuk struktur las mempunyai berbagai penggunaan, termasuk kapal laut, kendaraan, jembatan dan bangunan. Dibagi menjadi baja karbon rendah (baja lunak) dan baja campuran rendah (baja kekuatan tarik tinggi, baja temperatur rendah dan lain-lain).

 Besi dan Baja

Selengkapnya tentang Kemajuan Teknologi Pengelasan dan tentang Pengertian Ilmu Logam dan Macam klik disini

Selengkapnya tentang Pengertian Ilmu Logam dan Macam klik disini

Peralatan Ukur Bidang Pekerjaan Logam

 Beberapa peralatan ukur yang biasa dipergunakan bidang pekerjaan logam adalah sebagai berikut :

1. Mistar
(a) Mistar baja lurus
Mistar lurus terbuat dari baja / baja tahan karat, digunakan untuk pengukuran panjang. Kebanyakan memiliki kebalan 1 – 1,5 mm, lebar 25 mm dan panjang 300 – 1000 mm.

.
 
Gambar Mistar baja lurus
(b) Mistar siku
Mistar siku baja menekuk ke kanan, disebut juga mistar tukang kayu.
.
 
Gambar Mistar siku

(c) Mistar gulung
Memungkinkan untuk digunakan dalam pengukuran lurus dan lengkung. Ketika diluruskan, mistar ini digunakan sebagai penggaris lurus. Jika terbuat dari baja tempa, penyusutan dan pemuaiannya dapat diabaikan. Karena itu, mistar ini lebih akurat daripada mistar kain. Yang ditunjukkan pada gambar disebut juga mistar cembung.
.
 
Gambar Mistar gulung

2. Caliper
(a) Calipers outside
Caliper outside digunakan untuk mengukur diameter luar dari material / benda bulat atau ketebalan.
.
 
Gambar Calipers outside
(b) Calipers inside
Caliper inside digunakan untuk mengukur diameter dalam dari silinder atau lebar celah.
.
 
Gambar Calipers inside

3. Jangka sorong
Digunakan untuk mengukur diameter dalam dan diameter luar serta mengukur panjang. Kedalaman celah atau lubang dapat diukur dengan pengukur kedalaman yang ada. Mistar kecil dibawah mistar utama dapat dibaca dengan Vernier.
.
 
Gambar Jangka sorong

4. Micrometer dan Pengukur standart
Alat ini terutama digunakan untuk mengukur panjang dan diameter luar. Ketelitiannya biasanya 0,01 mm. Pengukur standart digunakan untuk mengecek / memeriksa kesalahan dari mistar. Yang biasa digunakan adalah micrometer luar, dimana terdapat dua puluh  macam dari 25 mm sampai 500 mm pada interval25 mm. Batas pengukuran dari tiap – tiap jenisnya adalah 25 mm.
.
 
Gambar Micrometer dan pengukur standart

5. Penunjuk ukuran, tonggak penunjuk ukuran dan tonggak magnet
Alat ini memiliki penggunaan yang luas, sebagai contoh perbandingan pengukuran dengan ketelitian sampai 0,01 mm atau 0,001 mm, pengukuran kesejajaran dan pemeriksaan ketelitian mesin. Secara umum, penunjuk ukuran dipakai dengan menggunakan tonggak.
Tonggak magnet yang bahan dasarnya terbuat dari magnet yang kuat dapat secara tepat terpasang pada berbagai tempat dari baja.
.
Gambar Penunjuk ukuran dan tonggak penunjuk ukuran
.
 
Gambar Tonggak magnet

6. Siku (mistar sudut kanan)
Alat ini digunakan untuk memeriksa kesikuan atau kerataan dari benda kerja atau penandaan garis siku pada permukaan. Pada sebuah segi empat, lewat siku dua sisi dan masing–masing permukaan benar –benar paralele terhadap permukaan sebaliknya.
(a) Flat (b) Dengan tambahan dasar
.
 
Gambar Siku (mistar sudut kanan)

7. Busur baja
Ukuran dari 00 - 1800 diterakan pada pelat baja tipis berbentuk setengah lingkaran. Alat ini digunakan untuk mengukur sudut atau penandaan.
.
Gambar Busur baja

8. Busur bevel universal
Alat ini digunakan untuk mengukur sudut. Busur dengan vernier terpasang dimana sudut dapat dibaca dengan ketelitian sampai 5 menit.
.
 
Gambar Busur bevel universal

9. Pengukur jarak / celah
Alat ini disebut juga pengukur ketebalan. Satu atau beberapa lembar dari pengukur ini dimasukkan kedalam celah antara dua bagian yang diukur.
.
 
Gambar Pengukur jarak / celah

10. Pengukur sudut
Alat ini digunakan untuk mengukur sudut dari benda kerja.
.
Gambar Pengukur sudut

11. Pengukur jari – jari
Alat ini disebut juga pengukur radial. Alat ini digunakan untuk mengukur bagian – bagian lingkaran dari benda kerja.
.
 
Gambar Pengukur jari–jari

12. Pengukur lubang
Sebuah bor dimasukkan ke dalam alat ini untuk mengetahi diameternya.
.
 
Gambar Pengukur lubang

13. Pengukur kerataan tipe segiempat
Kerataan horisontal diperiksa dengan tabung gelembung. Alat ini utamanya digunakan untuk mengetahui kerataan horisontal ketika memasang mesin.
.
Gambar Pengukur kerataan tipe segiempat

14. Meja permukaan
15. Blok paralel
16. Blok V
17. Kotak blok V
18. Pelat siku
19. Alat penggores
20. Penyangga mistar
21. Jangka


Selengkapnya tentang Kemajuan Teknologi Pengelasan dan tentang Pengertian Ilmu Logam dan Macam klik disini

Selengkapnya tentang PERALATAN UKUR DAN PERKAKAS TANGAN PADA PROSES PEKERJAAN LOGAM klik disini

Sifat dan Karakteristik Beton sebagai Material Struktur Bangunan

 Kuat Tekan Beton

Kekuatan tekan (f’c) merupakan salah satu kinerja utama beton. Kekuatan tekan adalah kemampuan beton untuk menerima gaya tekan per satuan luas, dan dinyatakan dengan Mpa atau N/mm2. Walaupun dalam beton terdapat tegangan tarik yang sangat kecil, diasumsikan bahwa semua tegangan tekan didukung oleh beton tersebut. Penentuan kuat tekan dapat dilakukan dengan alat uji tekan dan benda uji berbentuk silinder dengan prosedur uji ASTM C-39 pada umum benda uji 28 hari.
Kuat tekan beton ditetapkan oleh perencana struktur (dengan benda uji berbentuk silinder diameter 150 mm dan tinggi 300 mm), untuk dipakai dalam perencanaan struktur beton, Berdasarkan SNI 03-2847-2002, beton harus dirancang sedemikian hingga menghasilkan kuat tekan sesuai dengan aturan-aturan dalam tata cara tersebut dan tidak boleh kurang daripada 17,5 Mpa.
-
Kemudahan Pengerjaan
Kemudahan pengerjaan beton juga merupakan karakteristik utama yang juga dipertimbangkan sebagai material struktur bangunan. Walaupun suatu struktur beton dirancang agar mempunyai kuat tekan yang tinggi, tetapi jika rancangan tersebut tidak dapat diimplementasikan di lapangan karena sulit untuk dikerjakan maka rancangan tersebut menjadi percuma.
-

Rangkak dan Susut
Setelah beton mengeras, maka beton akan mengalami pembebanan. Pada kondisi ini maka terbentuk suatu hubungan tegangan dan regangan yang merupakan fungsi dari waktu pembebanan. Beton akan menunjukan sifat elastisitas murni jika mengalami waktu pembebanan singkat, jika tidak maka beton akan mengalami regangan dan tegangan sesuai lama pembebanannya.
Rangkak (creep) adalah penambahan regangan terhadap waktu akibat adanya beban yang bekerja. Rangkak timbul dengan intensitas yang semakin berkurang setelah selang waktu tertentu dan kemudian berakhir setelah beberapa tahun. Nilai rangkak untuk beton mutu tinggi akan lebih kecil dibandingkan dengan beton mutu rendah. Umumnya, rangkak tidak mengakibatkan dampak langsung terhadap kekuatan struktur, tetapi akan mengakibatkan redistribusi tegangan pada beban yang bekerja dan kemudian mengakibatkan terjadinya lendutan (deflection).
Susut adalah perubahan volume yang tidak berhubungan dengan beban. Proses susut pada beton akan menimbulkan deformasi yang umumnya akan bersifat menambah deformasi rangkak.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya rangkak dan susut:
-- Sifat bahan dasar beton (komposisi dan kehalusan semen, kualitas adukan, dan kandungan mineral dalam agregat)
-- Rasio air terhadap jumlah semen
-- suhu pada saat pengerasan
-- Kelembaban nisbi pada saat proses penggunaan
-- Umur beton pada saat beban bekerja
-- Nilai slump
-- Lama pembebanan
-- Nilai tegangan
-- Nilai rasio permukaan komponen struktur

Material penyusun beton secara umum

 

Beton adalah suatu komposit dari beberapa bahan batu-batuan yang direkatkan oleh bahan-ikat. Beton dibentuk dari agregat campuran (halus dan kasar) dan ditambah dengan pasta semen. Pada prinsipnya pasta semen mengikat pasir dan bahan-bahan agregat lain (batu kerikil, basalt dan sebagainya). Rongga di antara bahan-bahan kasar diisi oleh bahan-bahan  halus. Hal ini memberi gambaran bahwa harus ada perbandingan optimal antara agregat campuran yang bentuknya berbeda-beda agar pembentukan beton dapat dimanfaatkan oleh seluruh material.
.
Material penyusun beton secara umum dibedakan atas:
− semen: bahan pengikat hidrolik,
− agregat campuran: bahan batu-batuan yang netral (tidak bereaksi) dan merupakan bentuk sebagian besar beton (misalnya: pasir, kerikil, batu-pecah, basalt);
− air
− bahan tambahan (admixtures) bahan kimia tambahan yang ditambahkan ke dalam spesi-beton dan/atau beton untuk mengubah sifat beton yang dihasilkan (misalnya; 'accelerator', 'retarder' dan sebagainya
.
Sedangkan produk campuran tersebut dibedakan atas:
− batuan-semen: campuran antara semen dan air (pasta semen) yang mengeras
− spesi-mortar: campuran antara semen, agregat halus dan air yang belum mengeras;
− mortar: campuran antara semen, agregat halus dan air yang telah mengeras;
− spesi-beton: campuran antara semen, agregat campuran (halus dan kasar) dan air yang belum mengeras;
beton: campuran antara semen, agregat campuran dan air yang telah mengeras;
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pengelasan-Terak Listrik

d) Pengelasan Busur Nyala Logam Gas (GMAW)

e) Pengelasan Busur Nyala Berinti Fluks (FCAW)
Proses FCAW (Flux Cored Arc Welding) sama seperti GMAW tetapi elektroda logam pengisi yang menerus berbentuk tubular (seperti pipa) dan mengandung bahan fluks dalam intinya. Bahan inti ini sama fungsinya seperti lapisan pada SMAW atau fluks granular pada SAW. Untuk kawat yang diberikan secara menerus, lapisan luar tidak akan tetap lekat pada kawat. Gas pelindung dihasilkan oleh inti fluks tetapi biasanya diberi gas pelindung tambahan dengan gas C02.

f) Pengelasan-Terak Listrik (ESW)
Proses ESW (Electroslag Welding) merupakan proses mesin yang digunakan terutama untuk pengelasan dalam posisi vertikal. Ini biasanya dipakai untuk memperoleh las lintasan tunggal (satu kali jalan) seperti untuk sambungan pada penampang kolom yang besar. Logam las ditimbun ke dalam alur yang dibentuk oleh tepi plat yang terpisah dan ”sepatu" (alas) yang didinginkan dengan air. Terak cair yang konduktif melindungi las serta mencairkan bahan pengisi dan tepi plat. Karena terak padat tidak konduktif, busur nyala diperlukan untuk mengawali proses dengan mencairkan terak dan memanaskan plat.

Busur nyala dapat dihentikan setelah proses berjalan dengan baik. Selanjutnya, pengelasan dilakukan oleh panas yang ditimbulkan melalui tahanan terak terhadap aliran arus listrik. Karena pemanasan akibat tahanan digunakan untuk seluruh proses kecuali sumber panas mula-mula, proses SAW sebenarnya bukan merupakan proses pengelasan busur nyala.

g) Pengelasan Stud
Proses yang paling umum digunakan dalam pengelasan stud (baut tanpa ulir) ke bahan dasar disebut pengelasan stud busur nyala (arc stud welding). Proses ini bersifat otomatis tetapi karakteristiknya sama seperti proses SMAW. Stud berlaku sebagai elektroda, dan busur listrik timbul dari ujung stud ke plat. Stud dipegang oleh penembak yang mengontrol waktu selama proses. Perlindungan dilakukan dengan meletakkan cincin keramik di sekeliling ujung stud pada penembak. Penembak diletakkan dalam posisinva dan busur ditimbulkan pada saat cincin keramik berisi logam cair. Setelah beberapa saat, penembak mendorong stud ke kolam yang mencair dan akhirnya terbentuk las sudut (fillet weld) keeil di sekeliling stud. Penetrasi sempurna di seluruh penampang lintang stud diperoleh dan pengelasan biasanya selesai dalam waktu kurang dari satu detik.


Sambungan las

Selengkapnya: TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN

 

 


Hukum Newton

Besaran Skalar dan Besaran Vektor

Gaya adalah

Menguraikan dan Menggabungkan Gaya

 

Hukum Newton 


Hukum Newton merupakan hukum yang menjadi dasar Ilmu Statika Gaya. Hukum Newton I menyatakan bahwa Aksi (A) suatu gaya akan sama dengan Reaksi (- R) yang timbul. Dan dapat dituliskan sebagai berikut: A = - R atau Aksi + Reaksi = 0 (3.2)

Pernyataan itulah yang menjadi dasar kestabilan suatu struktur dengan gaya-gaya yang bekerja. Dengan begitu suatu struktur dikatakan stabil jika Resutan antara gaya aksi dan reaksi = 0, dan menjadi syarat untuk menentukan atau mencari besarnya komponen reaksi dari suatu struktur. Perhatikan contoh soal dibawah berikut.

Contoh Soal 1:

Lihat Gambar di bawah ini. Jika L CAB = 45o dan L CBA = 30o
Tentukanlah gaya pada batang CA dan batang CB

Komponen reaksi contoh soal

Penyelesaian :
Cara analitis:
Berdasarkan Hukum Newton, struktur seperti pada contoh soal tersebut stabil jika Resultan gaya W dan reaksi pada batang struktur CA
dan CB di atas = 0.
Ξ£ V = 0
CA V + CB V – W = 0
CA Sin 45 + CB sin 30 – W = 0
Ξ£ H = 0
CA H + CB H = 0
- CA Cos 45 + CB Cos 30 = 0
Didapat dua buah persamaa dengan 2 variabel. Dengan begitu CA dan CB yang merupakan gaya reaksi akibat W akan dapat ditentukan.


Cara grafis.
Untuk contoh soal tersebut dilakukan dengan melukis vektor gaya dengan kaidah penggabungannya. Gambarkan secara berurutan secara terskala W, CA dan CB dengan arah yang bersesuaian sehingga CB kembali berimpit dengan titik tangkap mula W. Arah lukisan masing komponen reaksi merupakan arah gaya terhadap titik tinjau C. Kedua bagian batang (member) CA dan CB mengalami gaya tarikan karena arah lukisan pada grafis menjauh terhadap titik tangkap C. Besar gaya di tunjukkan dengan panjang lukisan secara terskala.

Contoh Soal 2:

Jika L FDE = 45o dan L FED = 30o Tentukanlah gaya pada bagian batang FD dan batang FE dari persoalan struktur pada gambar di bawah.

Komponen reaksi tekan pada suatu struktur

Cara analitis:
Persamaan kestabilan pada soal 3.5.2 dikemukakan sebagai berikut.
Dengan cara substitusi dua persamaan tersebut besaran FD dan FE dapat diketahui besarnya
Ξ£ V = 0
FD V + FE V = 0
FD Sin 45 + FE sin 30 = 0
Ξ£ H = 0
- FD H + FE H + W = 0
- FD Cos 45 + FE Cos 30 + W = 0


Cara Grafis:
Dengan memperhatikan diagram arag gaya pada gambar (b), grafis gaya batang dapat dilukiskan seperti dtunjukkan pada gambar (c).
Batang/bagian FE pada Gambar di atas mengalami gaya tekan karen
arah lukisan berbalik dari diagram pada gambar (b). Sedang bagian batang (member) FD mengalami tarikan.

Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

Besaran dan Satuan Cara Menyusun Gaya

Setiap besaran dalam ilmu gaya harus dinyatakan dengan satuan. Umumnya besaran-besaran terbagi kedalam dimensi massa/mass (M), panjang/length (L) dan besaran waktu/time (T). Misal satuan massa kg memiliki dimensi M, sedangkan percepatan gravitasi m/dt2 memiliki dimensi L / T2 atau LT-2 . Sedang satuan gaya Newton, yang dapat diruntut dari kg m / dt2, memiliki dimensi M L T-2.

Sistem satuan yang umum digunakan adalah satuan metrik dan satuan teknis. Satuan metrik, merupakan satuan yang memiliki satuan utama metrik, meter – kg. Sedangkan satuan teknis, merupakan satuan yang umum digunakan di Eropa maupun Amerika berdasarkan satuan utama lb, inch dan foot.

Untuk menyatakan satuan metrik ke dalam satuan teknis atau sebaliknya memerlukan konversi. Tabel menunjukkan satuan utama umum yang perlu diketahui dalam ilmu teknik berikut konversinya.

Konversi Satuan Amerika Serikat (US) terhadap Satuan Baku Internasional (SI Units)

 

Besaran Skalar dan Besaran Vektor

Gaya adalah

Menguraikan dan Menggabungkan Gaya

Hukum Newton

Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 

Arsitektur (Ilmu dalam Teknik Bangunan)

Arsitektur

Arsitektur adalah pengetahuan dan seni untuk merancang bangunan dan struktur, dalam pengertian yang lebih luas mencakup perancangan keseluruhan lingkungan terbangun, mulai dari tingkat makro untuk perencanaan kota, kawasan atau lingkungan, lansekap atau bentang alam, hingga tingkat mikro untuk perancangan detail konstruksi bangunan dan desain perabot atau furnitur.

Arsitektur sebagai proses awal perencanan dan perancangan ruang dan fisik bangunan harus mempertimbangkan segala aspek kehidupan dalam prosesnya. Tujuan arsitektur yang harus dipenuhi dengan baik adalah pemenuhan akan kegunaan (fungsi), kekuatan (struktur), dan keindahan (estetika).

Bidang-bidang perancangan arsitektur meliputi:

¤ Lingkungan Ruang Dalam Bangunan (Building Indoor Environment) meliputi aspek-aspek lingkungan dalam disain, analisis dan efisiensi energi, kesehatan dan kenyamanan bangunan. Kekhususan bidangnya antara lain kenyamanan termal, kualitas udara, penerangan buatan, akustik, HVAC dan sistem kontrol.

¤ Building Envelope adalah suatu aplikasi yang menggambarkan semua area dari teknik bangunan, khususnya ilmu bangunan dan lingkungan ruang dalam. Bidang ini memfokuskan pada analisa dan disain selubung bangunana, meliputi ketahanan bangunan, perpindahan panas dan kelembaban serta interaksi dengan lingkungan ruang dalam.

¤ Building Science menekankan pada analisis dan kontrol dari fenomena fisika yang mempengaruhi tampilan material bangunan dan sistem penutup bangunan.

¤ Building Structure mempertimbangkan prinsip-prinsip mekanika struktur, perilaku material dan analisanya dan disain baja, beton bertulang, struktur bangunan kayu.

¤ Manajemen Konstruksi (Construction Management) meliputi teknik konstruksi, proses konstruksi, perencanaan, penjadwalan, pengendalian proyek, pekerja dan pengaturan bangunan.

¤ Computer Aided Engineering

¤ Efisiensi Energi (Energy Efficiency) meliputi analisa, disain, dan kontrol efisiensi energi atau low-energy, sistem HVAC, serta intelegent building

 

Selengkapnya : Bidang Ilmu dalam Teknik Bangunan 

Selengkapnya : Teknik Struktur Bangunan

 


Membuat Gambar Kerja dan Daftar Komponen untuk Proyeksi Bangunan

 Membuat Gambar Kerja dan Daftar Komponen

Gambar kerja merupakan dasar bagi pelaksana untuk melakukan  pekerjaan bangunan di lapangan. Gambar kerja didasarkan dari gambar konstruksi yang memuat detail-detail dari setiap komponen pekerjaan bangunan. Beberapa komponen yang gambar kerja adalah:
1. gambar pondasi,
2. gambar penulangan beton (sloof, kolom, dan ring balok),
3. gambar dinding dan plesteran,
4. gambar kusen (pintu dan jendela) beserta daunnya,
5. gambar kuda-kuda dan atap,
6. gambar plafon,
7. gambar instalasi air dan plumbing, dan
8. gambar instalasi listrik.
Untuk memahami lebih lanjut tentang gambar kerja, maka disarankan untuk mempelajarinya pada buku-buku menggambar konstruksi bangunan gedung.

 

Gambar Kerja Hubungan Sloof, Kolom, dan Ring Balok


Gambar Kerja Detail Hubungan Plafon dan Bentuk Pondasi



MEMBUAT GAMBAR RENCANA..
A. Menggambar Proyeksi Bangunan
B. Menggambar Sketsa ..
C. Membuat Gambar Kerja dan Daftar Komponen .
D. Membaca Gambar Konstruksi.
1. Gambar Denah 
2. Gambar Potongan 
3. Gambar Tampak
4. Gambar Rencana 


Selengkapnya : Teknik konstruksi Bangunan Gedung

 

Menggambar Sketsa untuk Proyeksi Bangunan

Gambar sketsa adalah pembuatan gambar tanpa melalui alat bantu menggambar yang biasa digunakan, yaitu penggaris. Alat bantu yang digunakan dalam gambar sketsa adalah imajinasi dan penalaran pandangan mata. Gambar sketsa sering digunakan oleh para arsitek dalam merencanakan bangunan. Yang sering digunakan adalah sketsa untuk merencanakan interior dan eksterior bangunan.

Gambar sketsa juga sering digunakan untuk menggambar proyeksi perspektif. Gambar tersebut dihasilkan tanpa melalui bantuan gambar denah, potongan, dan tampak. Dasar yang digunakan dalam menggambar sketsa proyeksi perspektif, baik interior maupun eksterior adalah imajinasi dan penalaran pandangan mata yang cekatan dan kuat dalam alam pikiran seseorang. Gagasan tentang rancangan bentuk rumah/bangunan sudah tergambar secara menyeluruh dalam imajinasi dan penalaran. Bila hasil sketsa tersebut akan diterapkan dalam pembuatan bangunan, maka dari gambar sketsa yang dihasilkan tersebut baru dibuat gambar rencana secara lengkap yang meliputi denah, potongan, dan tampak.

Gambar Sketsa Bangunan dengan Pensil




MEMBUAT GAMBAR RENCANA..
A. Menggambar Proyeksi Bangunan
B. Menggambar Sketsa ..
C. Membuat Gambar Kerja dan Daftar Komponen .
D. Membaca Gambar Konstruksi.
1. Gambar Denah 
2. Gambar Potongan 
3. Gambar Tampak
4. Gambar Rencana 


Selengkapnya : Teknik konstruksi Bangunan Gedung