PENANGANAN LINGKUNGAN

PENANGANAN LINGKUNGAN

Meningkatnya pemanasan global yang ternyata lebih cepat dari perkiraan para ahli sebelumnya, sangat perlu segera disikapi dengan penerapan green economic & business. ingin sekali ikut berperan dalam kegiatan tersebut, dalam aplikasi nyata, tanpa mengurangi produktifitas perusahaan.

Sebagaimana semua pabrik baja di dunia, akan selalu mengalami masalah polusi. Baik polusi suara, udara, serta tanah dan air. Namun telah mengupayakan sebaik mungkin untuk meminimalisir dampak dari polusi tersebut dengan melakukan penanganan yang sebaik mungkin.

Untuk mengurangi polusi suara, mesin-mesin yang menimbulkan suara yang keras, diberi peredam, sehingga tidak sampai mengganggu orang lain. Untuk asap yang dihasilkan dari proses pembakaran diberi cerobong yang dilengkapi dengan penangkap debu dan asap serta gas beracun. Sedangkan untuk limbah cair dan padat diolah untuk kebutuhan produksi, dan proyek. Dengan pemanfaatan limbah tersebut bukan saja menghindari adanya pencemaran lingkungan tapi juga memberikan nilai ekonomis bagi perusahaan. Apabila sisa produksi (limbah) yang dihasilkan oleh dijual, maka penjualannya hanya pada perusahaan yang telah mendapatkan ijin surat tidak keberatan eksport iron concentrate dan pengelolaan iron sludge dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Kegiatan green business ini memang sudah menjadi misi  yakni “Menghasilkan produk besi baja untuk memenuhi kebutuhan sektor konstruksi/infrastruktur dan industri serta mengembangkan Industri Baja yang ramah lingkungan
Untuk mendukung kegiatan green business tersebut, secara rutin melakukan penghijauan di dalam lokasi pabrik dan melakukan perawatan secara rutin dengan melibatkan personil khusus untuk menangani masalah ini. Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengaplikasikan kegiatan tersebut adalah penghematan energi yang bersumber dari minyak dan batu bara yang saat ini masih di pakai.

Untuk saat ini penggunaan bahan bakar alternatif dari sumber hayati masih menjadi bahan penelitian dan kajian. Untuk mendukung green economic & business, penghematan penggunaan sumber-sumber minyak memang harus dikurangi dengan melakukan efisiensi, serta mencari alternatif penggunaan energi hayati. berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, penerapan energi non fosil itu dapat terwujud, tanpa mengurangi produktifitas perusahaan, bahkan secara keseluruhan lebih memberi keuntungan jangka panjang yang nyata. Semoga kajian dan penelitian yang dilakukan untuk penerapan energi dari sumber hayati dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Sejak awal Perusahaan berusaha konsisten dengan menyeimbangkan antara kegiatan produksi dan menjaga lingkungan hidup guna dapat menciptakan iklim berusaha yang sehat dan kondusif. Untuk itu hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan akan diperhatikan secara seksama. Hal tersebut telah dirumuskan dalam bentuk langkah pencegahan penanggulangan dan pengendalian dampak negatif serta meningkatkan dampak positif yang diakibatkan. Juga melakukan pemantauan lingkungan yang dipandang baik dan tepat untuk dilaksanakan oleh berbagai pihak yang berkepentingan pada ruang dan waktu tertentu sebagai akibat kegiatan.







0 komentar