CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Tanggung jawab sosial perusahaan mencakup seluruh kegiatan bisnis harus memberikan kontribusi yang bermakna bagi kesejahteraan masyarakat, perekonomian nasional, dan dasar-dasar pendidikan sosial dan lingkungan.

Tanggung jawab sosial merupakan bagian dari kegiatan usaha, dan meliputi keinginan untuk selalu belajar dari tindakan serta pengalaman dan pihak lain, maka muncul pemikiran untuk mengelola tanggung jawab sosial. Kita dituntut untuk menyempurnakan kinerja, melalui penerapan petunjuk pelaksanaan kegiatan usaha yang telah di tentukan perusahaan. Kegiatan usaha bukan hanya menciptakan lapangan pekerjaan, juga mengembangkan sumber daya manusia untuk kepentingan perusahaan dan masyarakat.

Bentuk yang paling terlihat tentu saja adalah penyediaan tenaga kerja bagi masyarakat sekitar pabrik, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan penyerapan tenaga kerja yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kegiatan pengembangan pabrik juga melibatkan tenaga kerja dari perusahaan lain yang menjadi kontraktor dalam proyek. Hal tersebut juga menyerap banyak tenaga kerja, guna memberikan kerja sama yang saling menguntungkan antara masyarakat dan perusahaan.

Selain kegiatan yang berhubungan dengan produksi,  juga beberapa kali melakukan kegiatan sosial misalnya upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, dan mengadakan lomba-lomba. Kegiatan tersebut sekaligus bertujuan untuk meningkatkan semangat karyawan dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari.

Dampak yang lebih luas, tercipta melalui rantai penambahan nilai, mulai dari pemasok, pelanggan, kontraktor, hingga konsumen.




Dalam hal pemenuhan kebutuhan akan jalannya pabrik dan proyek-proyek,  juga mendorong tumbuhnya kemampuan dan kinerja para kontraktor dan pemasok dengan standar mutu yang diterapkan. bekerja sama dengan distributor independen, kontraktor, dan jenis usaha sejenis sehingga meningkatkan semangat wirausaha, menciptakan lapangan kerja yang lebih besar, serta memberi keuntungan bagi usaha-usaha lokal.

Kegiatan lain yang menjadi wujud tanggung jawab sosial adalah terbukanya bagi instansi pendidikan, untuk melakukan riset dan pengembangan di, serta saling tukar informasi untuk mengembangkan teknologi tepat guna.





Kegiatan pengembangan perusahaan dan sumber daya manusia juga sempat menjadi perhatian, tokoh nasional, untuk melakukan studi dan kesempatan kerja sama usaha.
0 komentar