Investment Award

4 Perusahaan Raih Investment Award

Empat perusahaan masing-masing PT Nissan Motor Indonesia, PT LG Electronics Indonesia, PT Semen Gresik Tbk, dan PT Sorini Agro Asia Corp Tbk kemarin dinobatkan sebagai peraih Investment Award 2008.
Pemberian penghargaan dilakukan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi disaksikan oleh Wapres Jusuf Kalla bertempat di Kantor Wakil Presiden.
PT Nissan Motor Indonesia dianugerahi Investment Award 2008 untuk kategori PMA skala besar setelah menyisihkan nominasi PT Astra Daihatsu Motor, PT Indah Kiat Pulp & Papers Tbk, PT Indomobil Suzuki International, PT Indo Bharat Rayon, dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.
PT LG Electronics Indonesia meraih Investment Award 2008 untuk kategori PMA skala kecil-menengah setelah mengungguli PT AW Faber Castel Indonesia, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia, dan PT Mattel Indonesia.
Sementara itu, PT Semen Gresik Tbk menyabet Investment Award 2008 untuk kategori PMDN skala besar setelah menyisihkan PT Aneka Tambang Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Musim Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan PT Fajar Surya Wisesa.
Untuk PMDN skala kecil, PT Sorini berhasil keluar sebagai penerima penghargaan setelah bersaing dengan PT Laguna Mandiri dan PT Asian Profile Indosteel.
Presdir PT Nissan Motor Indonesia, Norio Ota, mengatakan pihaknya merasa bangga dan berbahagia telah terpilih sebagai perusahaan asing terbaik dalam hal investasi. “Kami memiliki ekspektasi yang cukup besar terhadap negeri ini. Kami akan terus melanjutkan komitmen investasi jangka panjang,” katanya seusai menerima penghargaan Investment Award 2008, kemarin.
Sementara itu, Dirut PT Semen Gresik Tbk Dwi Soetjipto mengatakan memiliki komitmen kuat dalam kelestarian lingkungan hidup di setiap proses bisnis, termasuk pembangunan dan pengoperasian seluruh pabrik yang dimiliki saat ini. Hal ini ditunjukkan dengan diraihnya Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada 2008.
Kategori provinsi terbaik bagi penanaman modal dimenangi oleh Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan mengungguli Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo.
Pemerintah Sulawesi Utara optimistis dapat menarik minat investor, baik dari dalam maupun dari luar negeri, pada tahun depan di tengah situasi krisis keuangan global
Kepala BKPM M. Lutfi menyatakan dua hal yang mendasari lahirnya BKPM Investment Award. Pertama, peran dan komitmen pemerintahan provinsi tersebut dalam memperbaiki citra investasi melalui aktivitas investasi yang berkualitas.
Kedua, kesabaran para peserta dalam memaklumi beragam kekurangan dan begitu banyak tantangan yang terus kami usahakan penanganannya.
BKPM, katanya, percaya solusi terbaik bukan melalui referendum atas perlu atau tidaknya globalisasi, khususnya investasi. “Kami percaya solusinya adalah membuat globalisasi lebih baik, lebih merakyat, peduli lingkungan, dan humanis.”
Sumber:
http://www.bisnis.com/servlet/page?_pageid=127&_dad=portal30&_schema=PORTAL30&vnw_lang_id=2&ptopik=A10&cdate=11-DEC-2008&inw_id=642741
Oleh Ratna Ariyanti, John Andi Oktaveri & Siti Munawaroh 
Wartawan Bisnis Indonesia
0 komentar